UBUDIAN

Home Tips Berwisata 3 Etika Dalam Memberikan Uang Tip Untuk Tour Guide di Bali
     5 / 10 Reviews
832 view

3 Etika Dalam Memberikan Uang Tip Untuk Tour Guide di Bali

Saat liburan ke Bali, beberapa orang masih membingungkan pemberian uang tip untuk tour guide di Bali. Baik itu dari segi jumlah yang diberikan dan bagaimana cara memberikan.

Pemberian uang tip memang tidak begitu wajib untuk kepada para tour guide. Namun, itu akan sangat menunjukan apresiasi kita terhadap atas layanan yang mereka berikan.

Sehingga, penting untuk anda mengetahui panduan memberikan uang tip yang tepat untuk para tour guide. Selengkapnya mari kita bahas di bawah ini.

Berapa Uang Tip untuk Tour Guide di Bali?

Panduan Liburan Ke Bali
Panduan Liburan Ke Bali

Pertanyaan ini selalu alasan penyebab orang kebingungan dalam memberikan uang tip untuk tour guide di Bali. Takutnya, uang yang diberikan terlalu kecil atau terlalu besar.

Sebenarnya besar atau kecilnya jumlah uang tip tidaklah penting. Yang terpenting adalah beberapa anda ikhlas memberikan berdasarkan kualitas layanan yang didapatkan.

Sebagai patokan, anda dapat memberi 15% - 20% dari total tagihan tur. Rentangan tersebut tergantung pada kualitas pengetahuan dan keramahan dari seorang tour guide.

Lihat Disni, "Blanco Renaissance, Museum Bergaya Bali dan Eropa di Ubud">>>

Bagaimana Etika Dalam Memberikan Uang Tip?

Cara Memberi Uang Tip Tour Guide di Bali
Cara Memberi Uang Tip Tour Guide di Bali
  1. Berikan Tip Kepada Orang Yang Tepat

Meskipun kesannya baik, namun memberikan uang tip kepada orang yang salah merupakan hal yang sia-sia. Sehingga, pastikan anda memberikan tip kepada orang yang tepat.

Sebelum memberikan uang tip, anda bisa menilai bagaimana kualitas layanan dari seorang tour guide tersebut. Apakah memuaskan atau mungkin layanan yang diberikan sangat buruk.

Dengan mengetahui ini, akan mempermudah anda untuk menentukan jumlah uang tip yang akan diberikan.

  1. Siapkan Uang Yang Pas

Saat akan memberikan uang tip, penting untuk memberikan uang dalam jumlah yang pas. Sangat tidak etis, bila memberikan uang dengan jumlah yang besar dan meminta beberapa kembalian.

Maka dari itu, penting untuk anda selalu membawa beberapa uang kecil selama liburan di Bali. Anda dapat melakukan penukaran beberapa uang terlebih dahulu sebelum tur dimulai.

Lihat Disni, "Apakah Wisata Ayunan di Bali Aman? Mari Simak Di Sini!">>>

  1. Menyerahkan Uang Tip Secara Sopan

Waktu terbaik untuk memberikan uang tip adalah saat akhir perjalan tur. Tepatnya, ketika anda dan tour guide akan berpisah.

Saat anda siap memberikan uang tip, anda dapat mendekati dan menyerahkan uang tip ke tangan tour guide secara sopan sambil mengucapkan rasa terima kasih anda.

Bagaimana Bila Saya Tidak Ingin Memberikan Uang Tip?

Tips Liburan di Bali
Tips Liburan di Bali

Sekali lagi, pemberian uang tip bukanlah sesuatu yang wajib. Sehingga, tidak masalah bila anda tidak ingin memberikannya.

Namun, ada satu hal yang perlu anda ingat saat tidak memberikan uang tip yaitu: hindari layanan yang tidak diperlukan atau yang dapat merepotkan tour guide anda.

Contohnya: saat membawa barang bawaan, anda dapat menolak secara sopan bantuan dari tour guide sambil mengatakan terima kasih. Dengan itu, anda tidak akan membuat mereka bekerja secara ekstra.

Lihat Disni, "Cari Arti Nama Bali Beserta 30 Inspirasi Nama Bayi Penuh Makna">>>

Nah, itulah panduan dalam memberikan uang tip kepada tour guide di Bali. Semoga bermanfaat.

Share To :