UBUDIAN

Home Tips Berwisata 5 Panduan Memberikan Uang Tip Kepada Housekeeping Di Bali
     5 / 164 Reviews
988 view

5 Panduan Memberikan Uang Tip Kepada Housekeeping Di Bali

Bagi anda yang masih belum tau bagaimana panduan pemberian uang tip housekeeping di Bali. Disini, kita akan mengulasnya secara lengkap.

Meskipun tidak wajib, pemberian uang tip merupakan hal yang sangat berharga untuk staff housekeeping.

Pemberian uang tip ini dapat diartikan bentuk apresiasi dan ucapan rasa terima kasih atas kualitas layanan yang diberikan saat kita menginap di hotel.

Cara Memberi Uang Tip Housekeeping Di Bali

Saat memberikan uang tip housekeeping di Bali, ada 5 hal penting yang wajib anda ketahui agar tidak terjadi kekeliruan. Mari simak semuanya langsung di bawah ini.

  1. Jumlah Uang Tip Untuk Housekeeping Hotel

    Cara Memberi Uang Tip Hotel
    Cara Memberi Uang Tip Hotel

Berapa jumlah uang tip untuk housekeeping? Sebenarnya tidak ada aturan atau hitungan yang pasti mengenai nominal pemberian uang tip.

Tetapi, anda bisa memberikan uang tip dengan rentangan Rp 20.000 - Rp 50.000. Bisa juga lebih tergantung layanan yang diberikan atau rating dari hotel dimana anda menginap.

Namun yang paling penting adalah anda sebaiknya mengetahui beberapa jumlah orang yang membersihkan kamar anda. Sebab, dalam pembersihan 1 kamar tidak hanya akan dilakukan oleh 1 orang saja.

Mungkin saja ada sekitar 2 – 3 orang staff housekeeping atau lebih dalam melakukan pembersihan dalam sebuah kamar.

Dengan mengetahui itu, akan membantu anda lebih mudah dalam menentukan jumlah tip yang akan diberikan.

Lihat Disni, "Waktu Terbaik Berkunjung Ke Sawah Terasering Jatiluwih">>>

  1. Tempat Tepat Untuk Meninggalkan Uang Tip

    Etika Memberikan Tip Di Hotel Bali
    Etika Memberikan Tip Di Hotel Bali

Salah satu kendala yang dialami oleh seorang saat memberikan tip kepada staf housekepping adalah bentroknya waktu waktu pertemuan.

Saat staf housekeeping datang untuk membersihkan kamar, seorang tamu sudah pergi jalan-jalan keluar hotel. Jadinya, uang tip batal diberikan.

Bagi anda yang ingin memberikan tip, anda dapat meninggalkannya di beberapa tempat tepat. Diantaranya: di atas bantal, di bawah bantal, atau di bawah telepon.

Serta jangan lupa untuk menyertakan catatan kecil sebagai ucapan terima kasih anda.

Lihat Disni, "4 Aktivitas Seru Yang Wajib Anda Coba Di Dekat Sawah Tegalalang">>>

  1. Tempat Yang Harus Dihindari

    Panduan Memberikan Uang Tip Untuk Roomboy di Bali
    Panduan Memberikan Uang Tip Untuk Roomboy di Bali

Hindari meninggalkan uang tip di atas meja, sebab staf housekeeping tidak diperbolehkan mengambil uang di atas meja dan juga beberapa tempat lainnya.

Di dalam sebuah hotel, ada beberapa tempat yang tidak diperbolehkan untuk mengambil uang tamu. Bila ada staf yang mengambilnya, tentunya akan mendapatkan sanksi dari pihak atasan.

Untuk menghindari kekeliruan ini, penting untuk anda meninggalkan uang tip dengan menyertakan catatan kecil sebagai rasa ucapan terimakasih seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dengan catatan kecil ini, para staf housekeeping tidak perlu lagi menebak-nebak apa uang yang anda taruh adalah tip atau tidak.

Catatan kecil ini memang kesannya hal yang sepele, namun akan menghindari terjadinya kekeliruan diantara anda sebagai tamu hotel dan para staff housekeeping.

Lihat Disni, "Keseruan Main ATV di Ubud, Wahana Adrenalin yang Anti-Mainstream">>>

  1. Tinggalkan Tip Pada Hari Itu Juga

    Pemberian Uang Tip Hotel di Bali
    Pemberian Uang Tip Hotel di Bali

Banyak yang mengira waktu terbaik untuk memberikan uang tip kepada staff housekeeping adalah saat hari terakhir menginap. Ini merupakan kekeliruan yang dilakukan hampir banyak orang.

Kekeliruan ini sebernarnya perlu diluruskan. Sebab, pembersihan kamar yang sedang anda tempati mungkin saja dilakukan oleh para staff berbeda setiap harinya.

Para staff housekeeping biasanya mendapatkan jadwal berbeda-beda setiap harinya. Misalnya: hari ini mereka memberikan kamar anda, besoknya saja mungkin mereka mendapat jadwal di kamar lainnya.

Sehingga, penting untuk anda meninggalkan uang tip pada saat hari itu juga. Agar uang tip jatuh tepat kepada orang yang ingin anda berikan.

Bila anda meninggalkan uang tip pada akhir masa menginap, itu sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, bisa saja staff yang menerima itu bukan orang yang anda berikan. Jadinya, itu akan menjadi hal-hal yang sia-sia.

Lihat Disni, "3 Etika Dalam Memberikan Uang Tip Untuk Tour Guide di Bali">>>

  1. Tip Untuk Layanan Ekstra

    Tips Saat Berlibur Ke Bali
    Tips Saat Berlibur Ke Bali

Ketika menginap, terkadang anda mungkin saja memerlukan item-item khusus seperti: baby beds atau bantal tambahan. Biasanya para housekeepinglah yang membantu anda untuk mengambilkan item-item ini.

Ini tentunya merupakan pekerjaan ekstra melelahkan bagi para housekeeping. Apalagi item yang anda perlukan memiliki beban yang berat, misalnya: double bed atau rak bagasi.

Sebagai ucapan terima kasih, anda dapat memberikan tip kepada mereka secara langsung sambil mengucapkan terima kasih.

Hindari menunggu untuk memberikan tip besok harinya karena bisa saja jadwal mereka tidak lagi di kamar anda.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui saat ingin memberi uang tips housekeeping di Bali. Untuk panduan uang tip ke tour guide, lihat disini 3 Etika Dalam Memberikan Uang Tip Untuk Tour Guide di Bali.

Share To :