5 / 143 Reviews
445 view

Perhatikan 5 Hal ini Saat Memberi Uang Tip di Restoran Bali

Masih bingung bagaimana cara memberi uang tip di restoran di Bali? Disini, kami akan memberikan informasi yang detail mengenai tip untuk anda.

Pemberian uang tip di restoran memang bukanlah hal yang wajib. Namun, ini tentu sangat berguna untuk menunjukan rasa terima kasih kita kepada waiter atau waitress yang sudah memberikan layanan terbaik mereka.

Panduan Memberi Uang Tip Di Restoran Bali

Sebelum memberikan uang tip di restoran Bali, ada 5 hal penting yang harus anda perhatikan agar uang tip yang anda berikan bisa diterima dengan baik oleh orang yang tepat.

  1. Cek Apakah Biaya Layanan Sudah Termasuk Di Bill

    Masakan Khas Bali - Etika Memberi Tip Di Restoran Bali

Beberapa restoran di Bali, biasanya mengenakan sekitar 5% - 10% untuk biaya layanan di bagian bill. Anda dapat mengeceknya saat bill datang. Bila bill sudah termasuk biaya layanan, anda sebenarnya tidak wajib untuk memberi uang tip lagi.

Namun, bila anda ingin memberikan tip lagi. Itu tidaklah menjadi masalah, selama tidak ada aturan pelarangan pemberian uang tip di restoran tersebut.

Bila ada aturan pelarangan pemberian tip, namun anda memaksa pelayan untuk menerimanya. Mungkin saja mereka akan kena hukuman dari pihak atasan.

Lihat Disini, "4 Fakta Unik Tentang Penggunaan Gelang Tridatu Bali">>>

  1. Jumlah Nominal Uang Tip Di Restoran

    Cara Memberi Tip Di Restoran

Besar kecilnya nominal uang tip, biasanya ditentukan oleh rating dan service dari restoran itu sendiri. Sehingga, tidak ada nominal yang pasti untuk pemberian tip ini.

Sebagai gambaran, anda dapat memberi tip kepada pelayan restoran minimal mulai dari Rp 10.000 atau sekitar 10 - 15% dari total tagihan bill.

Namun, bila anda sedang makan di restoran mewah dengan rating yang tinggi. Tentu nominal bisa menjadi lebih besar lagi.

Lihat Disini, "Inilah Rangkaian Aktivitas Sewa ATV Bali yang Bikin Nagih Bagi Pecinta Petualangan">>>

  1. Tip Kepada Orang Yang Tepat

    Panduan Memberi Tip di Bali

Saat makan di sebuah restoran, mungkin saja anda akan dilayani lebih dari satu orang pelayan restoran. Terkadang, kualitas layanan yang anda dapatkan bisa saja berbeda pada setiap pelayan restoran.

Dalam hal ini, sangat penting untuk anda perhatikan bagaimana cara agar uang tip anda bisa jatuh ke seseorang yang tepat.

Namun, bila kerjasama dan rasa kekeluargaan diantara pelayan suatu restoran itu baik. Seorang pelayan restoran biasanya akan membagi rata uang tip yang didapat bersama teman-teman mereka.

Lihat Disini, "Bebek Tepi Sawah, Restoran Cozy Dengan Menu Crispy Duck Yang Lezat di Ubud">>>

  1. Hindari Memberi Tip di Keramaian

    Tip Untuk Restoran di Bali

Saat memberi tip, sangat penting untuk anda mengetahui etika saat menyerahkan tip ke tangan seorang pelayan restoran. Salah satu etika tersebut ialah menghindari memberi tip di keramaian.

Beberapa pelayan restoran akan enggan menerima uang tip di keramaian, apalagi di depan atasan mereka. Sehingga, mungkin saja mereka akan menolaknya.

Selain itu, bila anda memberikan uang tip kepada seorang pelayan dan pelayan lainnya ada yang melihat. Mungkin saja bisa pelayan lainnya akan mengalami kecemburuan, serta membuat hubungan keduanya menjadi buruk.

Untuk menghindari semua hal itu. Anda sebaiknya menunggu waktu yang tepat untuk memberi tip Contohnya: saat akan berjabat tangan ketika keluar restoran atau saat pelayan memberi anda kembalian.

Lihat Disini, "Sensasi Makan Siang Menghadap Gunung Agung di Mahagiri Restaurant">>>

  1. Pastikan Uang Tip Yang Diberikan Pas

    Tips Liburan ke Bali

Yang terakhir ini sangat wajib untuk anda lakukan saat memberi tip. Pastikan uang yang anda berikan berjumlah pas sesuai nominal yang ingin diberikan.

Dalam pemberian uang tip, tidaklah etis untuk meminta kembalian setelah anda memberi uang tip dengan nominal besar.

Sehingga, penting untuk anda selalu mempunyai uang yang pas. Atau, anda dapat menggunakan beberapa kembalian anda setelah menerima bill.

Lihat Disini, "Walter Spies, Pelukis Jerman Yang Memperkenalkan Bali Ke Mata Dunia">>>

Nah, itulah semua yang harus anda perhatikan saat akan memberikan uang tip kepada pelayan restoran di Bali.