UBUDIAN

Home Seni & Budaya Walter Spies, Pelukis Jerman Yang Memperkenalkan Bali Ke Mata Dunia
     5 / 10 Reviews
27 view

Walter Spies, Pelukis Jerman Yang Memperkenalkan Bali Ke Mata Dunia

Pulau Bali kini memang selalu menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang sedang berliburan. Kepopuleran Bali sudah dikenal sejak sekitar tahun 1930-an tepatnya pada saat bangsa asing mulai berdatangan.

Salah satu tokoh asing yang berpengaruh dalam memperkenalkan Bali ke mata dunia adalah Walter Spies. Pernahkah mendengar namanya? Bila belum, yuk simak biografi singkatnya di bawah ini.

Seniman Jerman Yang Berpengaruh di Bali

Walter Spies
Walter Spies - sumber: wikipedia.com

Walter Spies merupakan pelukis aliran primitivisme yang berasal dari Jerman. Lahir pada tanggal 15 September 1895 di Moscow, Rusia. Saat kecil, dia tinggal bersama orang tuanya di Jerman dan mulai menunjukan rasa ketertarikan dengan seni lukis dan seni musik.

Lihat Disni, "Ini Alasan Mengapa Wanita Menstruasi Dilarang Masuk Ke Pura Lempuyang">>>

Pada tahun 1923, dia berkunjung ke Pulau Jawa untuk pertama kalinya dan memutuskan untuk tinggal di daerah Yogyakarta. Di sana, dia menghabiskan waktu untuk menjalin relasi dengan para bangsawan keraton dan belajar gamelan dan melukis.

Salah satu lukisannya yang paling terkenal pada saat itu, berjudul “Laterna Magica” yang menandai transisi antara gaya lukis eropa dan eksotisme Asia.

Undangan Dari Tjokorda Gde Raka Sukawati

Walter Spies The Landscape and Her Chidlren
Walter Spies The Landscape and Her Chidlren - sumber: pinterest/imgur

Pada tahun 1925, Walter Spies datang ke Bali atas undangan dari Tjokorda Gde Raka Sukawati (Raja Ubud). Kedatangannya dijamu di Puri Ubud dan mereka keduanya mengobrol hangat tentang hal-hal seni.

Lihat Disni, "Inilah Trik Foto Dibalik Keindahan Gerbang Surga di Pura Lempuyang">>>

Kunjungan pertamanya ini memberikan kesan yang sangat mendalam sehingga ia memutuskan untuk pindah dan tinggal di Bali pada tahun 1927. Untuk waktu sementara ia pernah tinggal di Puri Ubud, hingga akhirnya Tjokorda Gde Raka Sukawati mengijinkannya untuk membangun rumah di daerah Campuhan, Ubud.

Karya Lukisan Terkenal Dari Walter Spies

Hasil Karya Lukisan Walter Spies
Hasil Karya Lukisan Walter Spies - sumber: pinterest/gaspar

Selama tinggal di Bali, Walter Spies melukis beberapa karya-karya yang menakjubkan. Beberapa lukisan tersebut berjudul Balinese Legend (1929), Buyansee (1934), A View from the Height (1934), and Mountains and Pond (1938).

Lihat Disni, "4 Aktivitas Seru Yang Wajib Anda Coba Di Dekat Sawah Tegalalang">>>

Melalui hasil karya lukisan Walter Spies dengan pemandangan Bali ini secara tidak langsung menaikan kepopuleran Pulau Bali di mata dunia serta menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang ke Bali. Pada saat itu, dia juga menjadi pemandu untuk para wisatawan yang bekunjung.

Share To :