UBUDIAN

Home Tips Berwisata Inilah 2 Etika Dalam Memberi Uang Tip Untuk Driver di Bali
     5 / 10 Reviews
198 view

Inilah 2 Etika Dalam Memberi Uang Tip Untuk Driver di Bali

Saat ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali, tentu mau tidak mau dan harus menggunakan layanan transportasi. Nah, disini mari kita bahas mengenai bagaimana memberi uang tip untuk driver di Bali.

Memberi uang tip memang kesannya sangat mudah dan terkadang disepelekan. Namun, beberapa dari kita sering mengalami kendala saat memberikan tip.

Kendala-kendala tersebut seperti berapa nominal yang sebaiknya diberikan, kapan waktu yang tepat untuk memberikan, dan bagaimana etika saat menyerahkan tip.

Di bawah ini, kita akan membahas secara lengkap panduan memberi uang tip untuk driver di Bali.

Berapa Uang Tip Untuk Driver di Bali?

Cara Memberi Tip Untuk Driver di Bali
Cara Memberi Tip Untuk Driver di Bali

Tidak ada nominal yang pasti dalam memberikan uang tip untuk driver. Di Bali sendiri, anda akan menemukan dua tipe driver yaitu: taxi driver dan tour driver.

Taxi driver biasanya melayani perjalanan untuk menuju satu tempat tujuan seperti: perjalanan menuju Bandara, Hotel, dan tempat wisata. Normalnya, uang tip untuk taxi driver ini ialah diantara 10% - 15% dari tarif total tagihan akhir.

Sedangkan, tour driver biasanya melayani perjalanan satu hari penuh. Anda akan dilayani untuk menjangkau lebih dari satu tempat.

Lihat Disni, "4 Aktivitas Seru Yang Wajib Anda Coba Di Dekat Sawah Tegalalang">>>

Uang tip untuk driver dalam perjalanan tur sehari penuh biasanya sekitar Rp 50.000. Nominal ini bisa saja lebih atau kurang tergantung kualitas layanan yang didapatkan.

Sementara itu, ada juga driver yang siap melayani anda untuk perjalanan menuju satu tempat dan perjalanan tur sehari. Anda dapat menentukan uang tip sesuai tipe layanan di atas.

Etika Memberi Uang Tip Untuk Driver

Pura Ikonik di Bali
Pura Ikonik di Bali

Sebelum itu, anda sebaiknya juga mengetahui etika bagaimana seharusnya memberikan uang tip untuk driver dengan baik dan benar.

  1. Siapkan Uang Pas Untuk Tip

    Tips Liburan ke Bali
    Tips Liburan ke Bali

Untuk siapapun uang tip yang akan anda berikan, anda wajib menyiapkan uang pas sesuai jumlah tip yang akan diberikan.

Sangatlah tidak baik bila anda memberi uang tip dengan nominal besar, namun meminta kembalian setelahnya.

Maka dari itu, penting untuk menyiapkan uang kecil atau receh sebelum melakukan perjalanan. Anda dapat menukar beberapa uang besar ke uang receh sebelum memulai tur.

Lihat Disni, "4 Langkah Menemukan Penyedia Paket Wisata Tour Yang Tepat di Bali">>>

  1. Berikan Tip di Akhir Layanan

    Panduan Wisata Ke Bali
    Panduan Wisata Ke Bali

Uang tip sebaiknya diberikan setelah akhir layanan atau pada saat anda dan driver berpisah. Selama perjalanan, anda dapat menilai dulu apa si driver berkendara dengan baik atau sangat ugalan-ugalan.

Dengan demikian, anda tentu akan menjadi lebih dalam menentukan beberapa nominal seharusnya diberikan.

Namun terkadang beberapa jalur di Bali, akan terjadi kemacetan. Beberapa menit waktu anda mungkin akan menjadi tertunda.

Lihat Disni, "Ternyata Segini Harga Main ATV di Bali! Segera Daftarkan Diri untuk Ikut Tour-nya!">>>

Ini tentunya bukanlah salah dari seorang driver, sehingga ada baiknya anda tetap mempertimbangkan untuk memberi uang tip sebab berkendara dalam jalanan macet juga sangat melelahkan.

Nah, itulah panduan lengkap dalam memberi uang tip untuk driver di Bali. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Share To :