UBUDIAN

Home Wisata Pura Fakta Menarik Yang Perlu Diketahui Tentang Pura Taman Ayun
     5 / 10 Reviews
569 view

Fakta Menarik Yang Perlu Diketahui Tentang Pura Taman Ayun

Disamping Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu, Pulau Bali masih menyimpan banyak pura-pura ikonik yang amat recommended untuk anda kunjungi selama liburan di Bali, salah satunya adalah Pura Taman Ayun.

Pura Taman Ayun merupakan pura yang indah bekas peninggalan dari Kerajaan Mengwi. Terkenal dengan arsitektur bangunannya yang unik serta dikelilingi oleh kolam yang besar di bagian sampingnya.

Langsung ke:

  1. Taman Ayun, Pura Peninggalan Kerajaan Mengwi
  2. Sejarah Pura Taman Ayun
  3. Kompleks Pura Taman Ayun
  4. Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir
  5. Lokasi Pura Taman Ayun

Taman Ayun, Pura Peninggalan Kerajaan Mengwi

Pura Taman Ayun Bali
Pura Taman Ayun Bali

Nama Pura Taman Ayun ini berasal kata “Taman” yang berarti Taman dan “Ayun” berarti indah, sehingga Taman Ayun bisa diartikan sebagai sebuah pura dengan taman yang indah.

Pura Taman Ayun merupakan bekas peninggalan kerajaan Mengwi di jaman dulu. Mempunyai luas area sekitar 4 hektar dengan bangunan pelinggih yang unik, taman indah, serta terdapat kolam indah yang besar.

Tempat yang tepat untuk anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat yang unik dengan arsitektur tradisional khas di Bali.

Lihat Disni, "Tempat Wisata ATV Di Bali – Rekomendasi Liburan Keluarga">>>

Bangunan-bangunan pura di Taman Ayun ini mempunyai ciri khas utama atap yang bertingkat-tingkat. Ada yang mempunyai jumlah 1 tingkat hingga 11 tingkat. Atap bertingkat ini sering disebut sebagai “Meru” oleh masyarakat lokal. Area halaman pura ini nampak mengapung di kolam yang besar bila dilihat dari luar.

Sejarah Pura Taman Ayun

Sejarah Pura Taman Ayun Bali
Sejarah Pura Taman Ayun Bali

Taman Ayun dibangun oleh I Gusti Agung Putu (Raja Mengwi) sekitar tahun 1632 – 1634. Pada awalnya, pembangun pura didasari karena belum ada pura yang berlokasi dekat Mengwi pada saat itu.

Seiring berjalannya waktu, pura ini sudah direnovasi beberapa kali. Renovasi secara besar-besaran dilakukan di tahun 1937, pada bagian Kori Agung, gapura bentar, dan pembangunan Bale Wantilan.

Hari Pujawali atau Piodalan di Pura Taman Ayun biasanya diselenggarakan setiap 6 bulan sekali dalam Kalender Caka (210 hari), tepatnya pada hitungan wewaran Anggara Kliwon Wuku Medangsia (hari selasa 20 hari setelah hari Raya Galungan).

Lihat Disni, "Penyedia Paket ATV Terbaik di Bali Akan Beri Pengalaman Berharga Selama di Pulau Dewata">>>

Selama Hari Piodalan, masyarakat setempat akan menghias bangunan pura dengan atribut-atribut suci dan juga menyelenggarakan beberapa ritual upacara keagamaan.

Kompleks Pura Taman Ayun

Pura Peninggalan Kerajaan Mengwi Bali
Pura Peninggalan Kerajaan Mengwi Bali

Seperti halnya pura lainnya di Bali, Pura Taman Ayun ini juga mempunyai area yang dibagi menjadi 3 halaman (biasa disebut sebagai konsep Tri Mandala) terdiri dari: Nista Mandala (Jaba), Madya Mandala (Jaba Tengah), dan Utama Mandala (Jeroan).

  1. Jaba

Jaba merupakan halaman di bagian luar dan berlokasi di bagian paling selatan Pura Taman Ayun sebagai tempat peristirahatan untuk para pengunjung.

Dimana terdapat taman cantik, Bale Wantilan, loket tiket, kolam kecil dengan pancuran, Bale Bengong, dan Pura Siluh Resi.

  1. Jaba Tengah

Jaba Tengah merupakan halaman di bagian tengah pura dimana terdapat patung – patung tradisional Bali yang menyimbolkan Dewata Nawa Sanga (9 Dewa Penguasa Mata Arah Angin berdasarkan ajaran Hindu) dan juga ada beberapa bale diantaranya: Bale Loji, Bale Gong, Bale Kulkul, dan Bale Parentanan (Dapur).

  1. Jeroan

Jeroan merupakan halama utama yang mempunyai bentuk persegi panjang yang membentang dari selatan ke utara dengan tembok batu di setiap sampingnya dan dapat juga dijumpai kolam yang berbentuk seperti parit besar yang mengelilingi di bagian sisi pura.

Lihat Disni, "Tempat Teraman Bermain ATV di Bali">>>

Terdapat beberapa Pelinggih Meru (Pelinggih dengan atap bertingkat-tingkat) dan beberapa bangunan suci pendamping.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Tiket Masuk Wisata Pura Taman Ayun
Tiket Masuk Wisata Pura Taman Ayun

Berikut merupakan daftar harga tiket masuk serta biaya parkir di objek wisata Pura Taman Ayun.

Harga Tiket Masuk di Pura Taman Ayun

Wisatawan Domestik

Rp 10.000

Wisatawan Asing

Rp 20.000

 

Biaya Parkir di Pura Taman Ayun

Mobil

Rp 5.000

Sepeda Motor

Rp 2.000

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, Pura Taman Ayun merupakan area tempat suci persembahyangan untuk masyarakat Hindu di Bali.

Sehingga, para pengunjung sangat  diharapkan selalu menaati peraturan dan menggunakan pakaian yang sopan serta memakai kamen (kain tradisional Bali) dan selendang khususnya saat memasuki area pura.

Lihat Disni, "4 Fakta Menarik Tentang Tradisi Sabung Ayam di Bali">>>

Lokasi Pura Taman Ayun

Objek Wisata Taman Ayun Bali
Objek Wisata Taman Ayun Bali

Pura Taman Ayun berlokasi Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Silahkan cek mapnya di bawah untuk lebih lengkap.

Bila anda sedang menginap di dearah Bali Selatan, anda dapat menyewa sebuah layanan transportasi atau memesan sebuah paket tour untuk memudahkan perjalanan anda ke Pura Taman Ayun ini. Biasanya tarif layanan transport mulai dari Rp 300.000 – Rp 500.00 dan paket tour biasanya sekitar Rp 550.000.

Lihat Disni, "Fakta Menarik Yang Perlu Diketahui Tentang Pura Taman Ayun">>>

Berikut ada beberapa rekomendasi objek wisata menakjubkan yang berlokasi dekat dengan Pura Taman Ayun.

  1. Pura Tanah Lot, sebuah pura unik yang berada tepat di atas bebatuan karang besar di tepi pantai. Berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan (sekitar 20 kilometer barat daya dari Pura Taman Ayun)
  2. Alas Kedaton, sebuah hutan hijau yang dihuni oleh monyek berekor panjang. Berlokasi di Desa Kukuh, Kabupaten Tabanan (sekitar 10 kilometers barat laut dari lokasi Pura Taman Ayun).

Share To :