5 / 11 Reviews
158 view

Tirta Gangga, Taman Indah Peninggalan Kerajaan Karangasem

Pada jaman dahulu, Pulau Bali pernah terbagi menjadi 9 kerajaan kecil. Salah satu dari kerajaan ini adalah Kerajaan Karangasem, yang berdiri sekitar abad ke-17 dan mempunyai wilayah kekuasaan di bagian Bali Timur.

Tirta Gangga merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang populer dari Kerajaan Karangasem. Tempat peninggalan ini kini menjadi spot favorit untuk para wisatawan karena keunikan dan kemegahan arsitektur bangunannya.

Langsung ke:

  1. Tirta Gangga, Taman Air Yang Menakjubkan di Bali Timur
  2. Sejarah Taman Air Tirta Gangga
  3. Menjelajah Taman Air dan Memberikan Ikan-Ikan Cantik
  4. Jam Buka dan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung
  5. Tiket Masuk dan Biaya Parkir
  6. Lokasi Taman Air Tirta Gangga

Tirta Gangga, Taman Air Yang Menakjubkan di Bali Timur

Wisata Sejarah di Bali

Tirta Gangga ini merupakan taman air yang mempunyai kompleks area dengan luas sekitar 1.2 hektar, membentang memanjang dari sisi timur ke barat dan berada tepat di kaki Gunung Agung.

Ada 3 hal yang menjadi daya tarik utama dari Taman Air Tirta Gangga ini, yaitu: kolam-kolam indah dengan ikan-ikan yang cantik, patung-patung yang unik, dan kebun hijau yang mempesona.

Kompleks dari Taman Air Tirta Gangga ini terbagi menjadi 3 bagian area, masing-masing dari mereka mempunyai bangunan yang berbeda-beda.

Lihat Disini, "Aturan Pakaian Adat Ke Pura, Wajib Diketahui Saat Berlibur Ke Bali">>>

Di area bagian bawah, terdapat kolam hias dengan air mancur dan dihuni oleh ikan-ikan cantik. Area ini selalu menjadi tempat favorit untuk berburu foto bagi para pengunjung.

Di Area bagian tengah, terdapat kolam renang yang luas dengan air yang jernih dan dingin. Para pengunjung diharapkan membawa pakian pengganti dan sebuah handuk bila ingin berenang disini.

Sementara di area bagian atas, terdapat  pohon beringin dan mata air utama yang mengalir ke semua kolam di area Tirta Gangga serta pemukiman penduduk dan persawahan di sekitar Amlapura.

Sejarah Taman Air Tirta Gangga

Patung Tradisional di Taman Air Tirta Gangga

Taman Air Tirta Gangga dibangun pada tahun 1946 oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (Raja terakhir dari Kerajaan Karangasem).

Kompleks Tirta Gangga pernah hampir hancur pada tahun 1963 karena letusan dari Gunung Agung. Area yang hancur tersebut sudah direhabilitasi pada tahun 1979 terutama bagian taman airnya.

Lihat Disini, "Harga Tiket Masuk Ke Objek Wisata Gerbang Surga Lempuyang">>>

Nama dari Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang berarti “Air Suci” dan ”Gangga” berarti “nama dari sebuah Sungai di India”. Pernamaan Tirta Gangga bisa diartikan sebagai taman dengan mata air suci dan dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat Hindu.

Menjelajah Taman Air dan Memberikan Ikan-Ikan Cantik

Kolam Ikan di Taman Tirta Gangga

Sebagian besar pengunjung yang datang ke Tirta Gangga bertujuan untuk berburu foto instagenik, terutama dengan latar belakang bagian kolam air indah yang dihiasi pancuran air dengan tinggi 10 meter dan patung-patung tradisional yang unik.

Para pengunjung dapat menjelajah sekitar kolam air dengan berjalan-jalan di sepanjang pijakan kaki yang nampak mengambang di tengah kolam air. Air kolam ini nampak sangat jernih sehingga ikan-ikan yang cantik nampak terlihat jelas dari jauh.

Di samping itu, anda juga dapat menghabiskan waktu disini untuk memberi makan ikan-ikan. Makanan ikan bisa dibeli dengan harga yang murah dan mudah ditemukan di toko-toko dekat objek wisata Tirta Gangga.

Lihat Disini, "Waktu Terbaik Berkunjung Ke Sawah Terasering Jatiluwih">>>

Segerombolan ikan besar akan mendatangi anda ketika melempar makanan dari permukaan kolam, sehingga sangat digemari oleh anak-anak.

Setelah itu, anda dapat menghabiskan waktu dengan berenang di dalam kolam yang memiliki air yang jernih sambil menikmati suasana yang menenangkan di area bagian tengah taman air ini. Ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stress dan menenangkan pikiran anda.

Jam Buka dan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Instagram Photo by @kattychampac

Taman Air Tirta Gangga dibuka dari pukul 08.00 sampai 18.00. Tempat wisata ini biasanya mulai ramai wisatawan mulai pukul 12.00 – 16.00, sehingga sangat disarankan untuk anda berkunjung di pagi hari (pukul 08.00 - 10.00) atau menjelang sore (16.00 – 17.00).

Lihat Disini, "5 Rekomendasi Restoran Terbaik Dekat Teras Sawah Tegalalang">>>

Khusus untuk berburu foto, anda direkomendasikan untuk datang awal di pagi hari untuk mendapatkan suasana yang lebih tenang dan sepi pengunjung, sehingga anda dapat keleluasan di dalam mengambil foto dari segala sudut.

Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Instagram Photo by @kamilla

Harga tiket masuk ke Taman Air Tirta Gangga terupdate adalah Rp 25.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 40.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Untuk biaya parkir mobil akan dikenakan biaya Rp 2.000 per mobil. Sementara bila anda ingin berenang, anda akan dikenakan biaya tambahan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara.

Lihat Disini, "Main ATV di Bali – Cek Harga Paket Terupdate Disini!">>>

Setelah menjelajah keindahan taman air ini, pengunjung bisa beristirahat sejenak dan makan siang di restoran yang tidak jauh dari Tirta Gangga ini.

Lokasi Taman Air Tirta Gangga

Instagram Photo by @elenka_bobkova

Taman Air Tirta Gangga ini berlokasi di Jalan Raya Abang, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Perjalanan sekitar 2 – 2.5 Jam dari Bandara Ngurah Rai.

Untuk map bisa anda lihat di bawah ini.

Beberapa tempat wisata populer yang berlokasi dekat dengan Taman Air Tirta Gangga ini adalah Pura Lempuyang, Taman Ujung, Pura Besakih, Goa Lawah, dan Pantai Virgin. Anda dapat menambahkan beberapa objek wisata ke dalam daftar perjalanan anda.