5 / 166 Reviews
1909 view

Liburan ke Pura Ulun Danu Beratan? Baca Ini Terlebih Dahulu!

Seperti yang telah diketahui, sebagian besar masyarakat Bali merupakan pemeluk agama Hindu. Tidak mengherankan, anda akan melihat banyak pura di pulau yang sangat populer ini.

Hampir setiap daerah, terdapat pura dengan arksitektur yang unik Salah satu pura yang terkenal di Bali adalah Pura Ulun Danu Beratan.

Pernahkah anda mendengar nama pura ini? Atau mungkin anda berencana berkunjung ke pura ini? Di bawah ini, kami suda menyediakan informasi lengkap tentang pura yang ikonik ini.

Pura Ulun Danu Beratan

  1. Pura Ikonik di Tengah Danau Beratan, Bedugul
  2. Sejarah Pura Ulun Danu Beratan
  3. Kompleks Pura Ulun Danu Beratan
  4. Naik Perahu Sambil Menikmati Keindahan Pura
  5. Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir
  6. Jam Buka dan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung
  7. Lokasi Pura Ulun Danu Beratan
  8. Wisata Dekat Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ikonik di Tengah Danau Beratan, Bedugul

Pura Tengah Danau Bali

Penamaan Ulun Danu Beratan sangat berkaitan dengan posisi pura ini. Dalam Bahasa Bali, kata Ulun berarti dibagian tepi sementara Danu Beratan merupakan nama dari danau di Daerah Bedugul.

Sehingga, Pura Ulun Danu Beratan diartikan sebagai pura yang berlokasi di tepi Danau Beratan.

Pura ini sangat ikonik karena arsitektur yang unik dan berlokasi di tempat strategis. Dan pemandangannya, pernah dijadikan ikon di uang kertas Rp 50.000.

Bila dilihat sekilas, pura ini nampak mengambang mirip seperti pulau kecil di tengah danau, terutama saat air danau tinggi.

Di samping itu, areanya juga dikelilingi oleh pemandangan perbukitann hijau yang seolah – olah menambah keindahan dari area pura ini.

Para wisatawan sering memanfaatkan kombinasi dari pemandangan pura, danau, dan perbukitan ini sebagai latar belakang untuk berfoto. Beberapa pasangan juga ada yang hanya datang untuk mengambil foto pra-wedding.

Lihat Disini, "Waktu Terbaik Berkunjung Ke Sawah Terasering Jatiluwih">>>

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Ilustrasi Gambar Lontar Bali

Menurut dalam Lontar Babad Mengwi, Pura Ulun Danu Beratan dibangun pada tahun 1556 caka (1634 masehi) oleh I Gusti Agung Putu, Raja Mengwi pada saat itu.

Pura ini didedikasikan untuk Dewi Danu, dan sebagai wujud permohonan untuk kesuburan tanah pertanian, kemakmuran, kesejahteraan, dan kelestarian alam.

Seperti halnya pura lainnya di Bali, Pura Ulun Danu Beratan juga sering diadakan upacara piodalan (hari peringatan pura) yang diperingati setiap 6 bulan Kalender Caka (210 hari dalam kalender masehi), tepatnya jatuh pada Anggara Kliwon, Wuku Julungwangi (Hari Selasa, 15 hari sebelum Hari Raya Galungan).

Selama Hari Piodalan, area pura akan dihiasi oleh atribut suci keagamaan oleh masyarakat lokal. Masyarakat Hindu di Bali juga banyak datang untuk bersembahyang.

Lihat Disini, "Permainan ATV di Bali, Aktivitas Seru dan Memacu Adrenalin">>>

Kompleks Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan Di Pagi Hari

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 5 kompleks pura, yang mana masing – masingnya berlokasi berdekatan satu sama lainnya. Beberapa kompleks tersebut, diantaranya:

  1. Pura Penataran Agung

Pura Penataran Agung ini bisa anda temukan setelah memasuki bagian Candi Bentar menuju Beratan. Didedikasikan untuk tempat pemujaan Tri Purusha Siwa (Parama Siwa, Sadha Siwa, dan Siwatman).

  1. Pura Dalem Purwa

Pura Dalem Pura berlokasi di tepian Danau Beratan bagian selatan. Terdapat 3 pelinggih suci utama yang merupakan tempat untuk pemjuaan Bhatarari Durga dan Dewa Ludra sebagai sumber kemakmuran, Bale Murda Manik sebagai balai pemaruman (berbentuk panjang) sebagai tempat menaruh persembahan upakara.

  1. Pura Taman Beiji

Pura Taman Beiji merupakan bangunan suci yang tidak dikelilingi tempok. Berfungsi sebagai tempat Ngebejiang (tempat mensucikan sarana upacara, memohon tirta (air suci), dan melangsunkan upacara melasti.

  1. Pura Lingga Petak

Pura Lingga Petak ini merupakan tempat yang paling populer untuk wisatawan, berada di tengah danau seperti yang mungkin anda pernah lihat di gambar uang kertas Rp 50.000.

Area pura ini terdiri dari tiga tingkat, di dalamnya ada sumur keramat, lingga putih yang diapit oleh batu hitam dan merah.

Selain itu, disini juga terdapat 2 Pelinggih Meru. Satu pelinggih meru dengan atap tingkat 11 (Meru Tumpang Solas) dan satu pelinggih dengan atap tingkat 3 (meru tumpang telu).

  1. Pura Prajapati

Pura Prajapati didedikasikan kepada Dewi Durga dan bisa dilihat ketika anda anda memasuki area dari Danau Beratan. Ciri khas dari pura ini adalah keberadaan dari pohon beringin.

Disamping 5 komplek di atas, terdapat juga Stupa Buddha di area Pura Ulun Danu Beratan ini. Stupa menghadap ke selatan yang menandakan adanya makna keselarasan dan harmoni beragama.

Lihat Disini, "4 Fakta Menarik Tentang Tradisi Sabung Ayam di Bali">>>

Naik Perahu Sambil Menikmati Keindahan Pura

Keindahan Pura Ulun Danu Beratan

Disamping berfoto, para pengunjung juga dapat menyewa perahu di dermaga kecil di tepi danau. Beberapa jenis perahu yang dapat anda pilih yaitu: perahu kayu, perahu boat, dan perahu angsa.

Biaya sewa perahu di Danau Beratan ini sekitar dari Rp 100.000.

Perahu kayu biasanya sangat digemari oleh para wisatawan yang ingin mendapatkan foto dengan nuansa klasik tradisional.

Sementara, perahu angsa sangat digemari oleh wisatawan yang membawa anak – anak mereka. Bentuk perahu yang lucu selalu menarik perhatian anak-anak untuk naik.

Saat menaiki perahu, anda dapat melihat keunikan bangunan pura lebih dekat. Atau anda juga bisa memancing dan danau.

Lihat Disini, "Bebek Tepi Sawah, Restoran Cozy Dengan Menu Crispy Duck Yang Lezat di Ubud">>>

Harga Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Harga Tiket masuk Pura Ulun Danu Beratan Bali

Di bawah ini merupakan update biaya tiket masuk dan parkir di Pura Ulun Danu Beratan.

Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan

Dewasa

Rp 30.000

Anak – Anak

Rp 20.000

 

Biaya Parkir Pura Ulun Danu Beratan

Sepeda Motor

Rp 2.000

Mobil

Rp 5.000

Bus

Rp 10.000

 

**harga tiket masuk dan biaya parkir di atas mungkin dapat berubah sewaktu-waktu.

Jam Buka dan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Wisata Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan di buka untuk wisatawan mulai jam 08.00 – 18.00.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum jam 10 pagi, sebab waktu ini pengunjung belum begitu ramai dan kabut jarang muncul di pagi hari, sehingga anda dapat kebebasan untuk mengambil fotoo.

Saat berkunjung, anda disarankan untuk membawa payung atau baju mantel karena hujan dapat turun kapan saja di sekitar danau.

Lihat Disini, "Fakta Menarik Dibalik Arti Nama-Nama Depan Orang Bali">>>

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan berlokasi di Desa Candikuning, Kabupaten Baturiti, Kabupaten Tabanan.

 

Wisata Dekat Pura Ulun Danu Beratan

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Lokasi Pura Ulun Danu ini dekat dengan beberapa destinasi populer di Bali. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi beberapa destinasi-destinasi ini setelah atau sebelum mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan.

  1. Sawah Terasering Jatiluwih

    Wisata Sawah Terasering Jatiluwih Tabanan

Sawah Terasering Jatiluwih merupakan salah satu wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan ketika liburan di Bali.

Area persawahan di Jatiluwih ini cukup luas yakni sekitar 632 hektar. Sawah-sawah ini cukup unik karena memiliki bentuk berundak-undak menyerupai anak tangga dari kejauhan.

Di sini, anda bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sekitar persawahan sambil menyaksikan keindahan alam sekitar dan berfoto-foto di sana.

Bila anda beruntung berkunjung tepat di masa-masa sebelum panen, maka anda bisa melihat pemandangan hamparan sawah yang berwarna hijau.

Selain itu, anda juga bisa melihat keseharian masyarakat setempat yang bekerja di Sawah dan mengenal tentang proses penanaman padi di sana.

Harga Tiket Masuk Jatiluwih Rice Terrace: Rp 15.000 (Domestik) dan Rp 40.000 (Wisatawan Asing)

  1. Air Terjun Munduk

    Wisata Air Terjun Munduk Bali

Wisata Air Terjun Munduk merupakan air terjun yang cukup menakjubkan di Utara Bali. Lokasinya berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan arus air yang tidak terlalu deras. Pengunjung bisa menghabiskan waktu di sini dengan bermain air di kolam bawah air terjun.

Kolam air terjun tidak dalam namun memiliki airnya begitu sejuk dan jernih. Memang menjadi tempat yang sangat tepat untuk menghabiskan liburan.

Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan dan tebing hijau yang bikin mata jadi adem.

Untuk akses menuju air terjun ini tidaklah sulit. Dari tempat parkir, anda hanya perlu berjalan beberapa menit saja dan melewati jalur jalan yang cukup lebar dengan anak tangga.

Rute trekking ini akan melewati perkebunan milik masyarakat setempat. Perkebunan ini didominasi oleh pohon cengkeh dan kopi. Jadi, suasana perjalanan menuju air terjun ini cukup menenangkan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Munduk: Rp 10.000 (Dewasa) dan Rp 5.000 (Anak-Anak)

  1. Bedugul Botanical Garden

    Kebun Raya Bedugul Bali

Bedugul Botanical Garden ini menjadi pilihan yang tepat buat anda yang mencari tempat wisata rekreasi yang menyenangkan bareng keluarga. Lokasi berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Kebun Raya Bedugul mempunyai luas sekitar 157.5 hektar dan merupakan salah satu terluas di Indonesia. Tempat ini memiliki keindahan hutan lindung dengan berbagai pohon tropis dan taman yang indah.

Selain itu, kawasan kebun ini juga memiliki hamparan padang rumput yang cukup luas. Dimana anda bisa bersantai sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan.

Bila anda ingin berkreasi bareng keluarga di sini, anda bisa membawa tikar dengan bekal makanan untuk dinikmati sambil bersantai di sini.

Harga Tiket Masuk Bedugul Botanical Garden: Rp 20.000 (Senin – Jumat) dan Rp 30.000 (Sabtu – Minggu)

  1. Danau Buyan

    Wisata Danau Buyan Bali

Danau Buyan ini juga menjadi tempat yang cocok untuk anda kunjungi setelah atau sebelum berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan. Terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Danau Buyan ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan pemandangan pohon-pohon hijau mengelilingi. Dari kejauhan, danau ini nampak dipagari oleh bukit-bukit hijau.

Di sini, anda bisa menghabiskan waktu untuk berkemah di tepi danau bareng teman-teman atau keluarga. Namun, tentunya anda harus menyewa tenda.

Berkemah di Danau Buyan ini sangat menyasyikan dengan suasana malam yang hening dan tenang. Selain itu, anda juga akan dapat melihat keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise) di pagi hari dari Danau Buyan ini.

Harga Tiket Masuk Danau Buyan Rp 10.000

Lihat Disini, "8 Rekomendasi Spot Silakarang ATV Dengan Trek Yang Seru">>>

Nah, itulah beberapa destinasi yang berlokasi dekat dengan Pura Ulun Danu Beratan. Anda bisa memasukan beberapa darinya ke rencana perjalanan. Semoga liburan anda menyenangkan!