UBUDIAN

Home Mendaki Gunung Batur Mendaki Gunung Batur – Harga Paket Mendaki Mulai Rp 145.000
     5 / 151 Reviews
706 view

Mendaki Gunung Batur – Harga Paket Mendaki Mulai Rp 145.000

Anda punya rencana mendaki Gunung Batur? Bila iya, penting untuk anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal mengenai pendakian Gunung Batur.

Hal-hal penting itu seperti bagaimana kondisi jalur pendakiannya, apa saja yang perlu anda persiapkan, harga sewa guide, dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai mendaki Gunung Batur tersebut, anda bisa mengklik salah satu list di bawah ini untuk langsung loncat ke informasi yang anda dapatkan.

  1. Keindahan Gunung Batur
  2. Lokasi Gunung Batur Bali
  3. Start Point Pendakian Gunung Batur
  4. Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide
  5. Paket Mendaki Gunung Batur
  6. Persiapan Mendaki Gunung Batur

Keindahan Gunung Batur Dengan Sunrise Yang Menakjubkan

Keindahan Gunung Batur
Keindahan Gunung Batur

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Ketinggiannya sekitar 1.717 meter atau 5.633 kaki dari permukaan laut.

Bila dilihat dari ketinggiannya ini, tidak mengherankan Gunung Batur selalu menjadi spot mendaki yang paling populer untuk para pendaki pemula atau yang sama sekali belum punya pengalaman.

Untuk anda para pendaki professional, memang jalur pendakian Gunung Batur ini rasanya memang kurang menantang. Akan tetapi, itu bukan berarti tidak layak untuk anda coba.

Di sini, anda tidak hanya akan mendapatkan pengalaman mendaki saja, namun anda juga akan dapat melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dari langit timur.

Jika anda bisa mencapai puncak tepat di awal pagi hari, maka anda akan disuguhkan pemandangan sunrise yang begitu indah dan memanjakan mata.

Fenomena Lautan Awan Di Puncak Gunung Batur
Fenomena Lautan Awan Di Puncak Gunung Batur

Selain itu, anda juga akan berkesempatan melihat fenomena unik dari susunan awan yang terbentuk seperti lautan putih di puncak pegunungan. Lautan awan sungguh membuat kita seolah-olah berada di dunia dongeng.

Tidak hanya sampai di situ saja, di atas puncak, anda juga dapat menyaksikan indahnya kaldera Batur. Kaldera ini sering disebut-sebut sebagai salah satu kaldera terbesar dan terindah di dunia.

Lihat Disni, "4 Fakta Yang Jarang Diketahui Tentang Kain Hitam Putih Bali">>>

Lokasi Gunung Batur Bali

Lokasi Gunung Batur Bali
Lokasi Gunung Batur Bali

Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasinya bisa anda akses menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Bila anda berangkat dari Ubud, perjalanan mungkin akan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Atau bila anda berangkat dari Denpasar, maka perjalanan mungkin akan memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Waktu perjalanan tersebut mungkin bisa lebih cepat atau lebih lama. Tergantung kecepatan anda mengemudi dan situasi trafik lalu lintas pada saat itu.

Membayangkan mengemudi dalam waktu sejam-an lebih memang terasa sangat melelahkan. Nah, apabila anda ingin tidak ingin lelah berkendara, anda dapat menyewa layanan mobil dengan supir untuk pencapai tempat pendakian Gunung Batur.

Umumnya layanan sewa mobil dengan supir ini mudah ditemukan pada area tempat-tempat wisata seperti Ubud, Seminyak, Legian, dan lain sebagainya. Atau, anda bisa mencari mereka di media internet.

Lihat Disni, "Apakah Petualangan ATV di Bali Aman? Yuk Simak Di sini!">>>

Start Point Pendakian Gunung Batur

Start Point Pendakian Gunung Batur
Start Point Pendakian Gunung Batur

Ketika mendaki Gunung Batur, ada 4 pilihan start poin yang bisa anda lalui untuk jalur pendakian untuk menuju puncak utama. Setiap jalur pendakian memiliki panjang dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Selengkapnya, anda dapat menyimak di bawah ini.

  1. Jalur Pendakian Melalui Pasar Agung

    Jalur Pendakian Gunung Batur
    Jalur Pendakian Gunung Batur

Jalur pendakian melalui Pasar Agung ini menjadi salah satu jalur yang paling populer karena menawarkan rute tersingkat. Titik pendakian dimulai dari perut Gunung Batur, anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan sepeda motor.

Pendakian melalui jalur ini akan memerlukan waktu sekitar 60 – 90 menit untuk sampai di puncak utama.

Di awal pendakian, anda akan menemukan trek dengan bebatuan yang lumayan panjang dan terjal. Setelah 30 - 40 menit pendakian, anda akan sampai di puncak kedua atau lebih dikenal Puncak Kanginan oleh masyarakat setempat.

Untuk mencapai puncak utama, anda harus melanjutkan pendakian sekitar 30 menit lagi di jalur yang berpasir.

Agar lebih nyaman selama pendakian, anda sebaiknya memakai sepatu khusus untuk mendaki. Sebab, jenis sepatu ini umumnya memiliki grip yang bagus dan cocok digunakan pada jalur bebatuan dan berpasir.

Apabila anda punya tongkat, anda juga dapat membawanya agar selama pendakian. Tongkat akan sangat membantu di dalam keseimbangan dan sebagai penopang tubuh saat pendakian.

  1. Jalur Pendakian Melalui Toya Bungkah

    Paket Mendaki Gunung Batur
    Paket Mendaki Gunung Batur

Jalur pendakian ini juga masuk dalam kategori rute pendakian yang singkat dan mudah. Lokasinya tepat berada di bagian sisi timur Gunung Batur.

Pendakian melalui jalur ini akan memerlukan waktu sekitar 80 – 90 menit dari tempat parkir ke puncak utama. Jarak tempuh naik turun sekitar 9 kilometer dengan jalur pendakian yang tidak terlalu curam dan terjal.

Sepanjang rute pendakian ini, terdapat 3 view point area untuk tempat menyaksikan pemandangan matahari terbit (sunrise).

Yang pertama berada titik 50% (pertengahan), yang kedua berada di titik 80%, dan yang ketiga berada di puncak utama. Bila anda merasa lelah, anda dapat berhenti di salah satu titik tersebut.

Lebih dari setengah perjalanan, anda akan melihat hutan hijau dengan pepohonan yang rindang. Hutan ini dominan dipenuhi dengan jenis pohon akasia dan pohon kayu putih.

  1. Jalur Pendakian Melalui Serongga

    Pendakian Gunung Batur
    Pendakian Gunung Batur

Jalur pendakian melalui Serongga ini berlokasi di Banjar Serongga, Desa Songan, Kecamatan Kintamani. Letaknya kurang lebih sekitar 5 Kilometer ke arah timur laut dari tempat parkir Toya Bungkah.

Pendakian melalui jalur ini akan memerlukan waktu sekitar 90 – 100 menit dari area parkir untuk mencapai puncak utama. Jarak tempuh naik turun sekitar 10 Kilometer dengan trek pendakian yang hampir mirip seperti jalur pendakian melalui Toya Bungkah.

Di titik 30 menit sebelum mencapai puncak utama, anda harus melewati jalur berpasir yang licin. Sehingga, anda harus extra hati-hati saat melewatinya.

Hanya ada 1 view point di dalam jalur pendakian ini, yakni di puncak utama. Jadi, anda harus dapat sampai di puncak utama bila ingin melihat pemandangan matahari terbit.

  1. Jalur Pendakian Melalui Culali

    Jalur Mendaki Gunung Batur
    Jalur Mendaki Gunung Batur

Jalur pendakian melalui Culali atau Bukit Mentik ini merupakan jalur pendakian terpanjang dan paling menantang. Lokasinya berada di bagian sisi barat Gunung Batur.

Pendakian melalui jalur ini memerlukan waktu sekitar 2.5 – 3 jam dari tempat parkir untuk menuju puncak utama. Jarak tempuh naik turun sekitar 13 kilometer, paling panjang di antara jalur pendakian lainnya.

Panjangnya rute pendakian ini membuat jalur ini kurang disarankan untuk para pendaki pemula.

Selain itu, trek yang berpasir dan penuh bebatuan yang harus dilalui juga cukup panjang. Sehingga, tidak disarankan bila mendaki di saat gelap atau malam hari melalui jalur ini.

Sebagai solusinya, anda dapat berkemah di seputaran kawah kedua atau kawah baru pada sore hari dan melanjutkan pendakian di keesokan harinya.

Karena berada di bagian sisi barat Gunung Batur, jalur pendakian ini juga kurang cocok untuk anda yang ingin melihat pemandangan matahari terbit. Sebab, jika terlambat sedikit saja, anda akan kehilangan pemandangan di puncak gunung.

Meskipun terbilang paling cukup menantang, namun jalur pendakian ini tetap menjadi pilihan bagi beberapa orang. Karena, hanya di jalur pendakian ini anda dapat melihat indahnya kawah baru dari Gunung Batur yang terbentuk dari letusan pada tahun 2000 silam.

Apabila anda yang berencana memilih jalur ini, pastikan mobil atau sepeda motor anda pakai berada dalam kondisi yang baik khususnya bagian rem.

Sebab, akses menuju jalur pendakian Culali ini cukup sempit dan penuh tikungan. Di samping itu, anda juga harus berpapasan dengan banyak truk yang membawa muatan batu dan pasir di sini.

Lihat Disni, "3 Tempat Jalan Jalan Di Ubud Dengan Pemandangan Alam Indah">>>

Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide

Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide
Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide

Banyak orang sering bertanya, apakah saya boleh mendaki Gunung Batur tanpa guide? Sebenarnya itu boleh-boleh saja, asalkan anda sudah mempunyai cukup pengalaman mendaki sebelumnya.

Namun, bila anda seorang paling pemula sebaiknya menyewa guide atau paling tidak ditemani oleh seorang yang berpengalaman agar pendakian menjadi lebih aman.

Ketika menggunakan jasa guide, anda akan memperoleh beberapa keuntungan sebagai berikut.

  1. Terhindari Dari Tersesat

    Rute Pendakian Gunung Batur
    Rute Pendakian Gunung Batur

Di pertengahan Gunung Batur, terdapat banyak persimpangan untuk menuju finish point. Tentunya hal ini bisa saja membuat anda tersesat di rute pendakian.

Dengan menggunakan jasa guide tentunya anda tidak perlu khawatir lagi dengan hal itu. Sebab, mereka sudah berpengalaman dan hampir setiap hari melakukan pendakian di sana.

  1. Pendakian Yang Lebih Aman

    Pos Pendakian Gunung Batur
    Pos Pendakian Gunung Batur

Selain terhindar dari tersesat, pendakian juga akan menjadi lebih aman apabila menggunakan jasa guide. Sebab, para guide akan selalu memastikan kondisi anda selama pendakian.

Bila anda merasa lelah di tengah pendakian, para guide biasanya juga akan bersedia mengajak untuk beristirahat di tengah rute pendakian.

Lihat Disni, "Sensasi Makan Siang Menghadap Gunung Agung di Mahagiri Restaurant">>>

Paket Mendaki Gunung Batur

Harga Tiket Mendaki Gunung Batur
Harga Tiket Mendaki Gunung Batur

Untuk menggunakan jasa guide, anda dapat melihat tabel harga mendaki Gunung Batur di bawah ini.

Paket Mendaki Gunung Batur (Private)

Jenis Paket

Harga per Orang

Paket Mendaki Gunung Batur 6 Orang

Rp 145.000

Paket Mendaki Gunung Batur 5 Orang

Rp 160.000

Paket Mendaki Gunung Batur 4 Orang

Rp 195.000

Paket Mendaki Gunung Batur 3 Orang

Rp 220.000

Paket Mendaki Gunung Batur 2 Orang

Rp 270.000

Paket Mendaki Gunung Batur 1 Orang

Rp 445.000

**Note:

  • Paket di atas bersifat private (tidak bergabung dengan peserta lainnya).
  • Termasuk private guide, senter, dan tongkat.
  • Tanpa layanan antar jemput.

 

Paket Mendaki Gunung Batur + Sarapan Pagi

Jenis Paket

Harga per Orang

Paket Mendaki Gunung Batur 6 Orang

Rp 195.000

Paket Mendaki Gunung Batur 5 Orang

Rp 210.000

Paket Mendaki Gunung Batur 4 Orang

Rp 245.000

Paket Mendaki Gunung Batur 3 Orang

Rp 270.000

Paket Mendaki Gunung Batur 2 Orang

Rp 320.000

Paket Mendaki Gunung Batur 1 Orang

Rp 495.000

**Note:

  • Paket di atas bersifat private (tidak bergabung dengan peserta lainnya).
  • Termasuk private, guide, tongkat, dan sarapan pagi.
  • Tanpa layanan antar jemput.

Karena paket di atas belum termasuk layanan antar-jemput atau transport, maka anda diwajibkan untuk berkendara sendiri dari tempat tinggal anda menuju ke pos pendakian yang telah dijanjikan.

Atau, bila anda tidak ingin berkendara sendiri, anda dapat menyewa taxi atau layanan transport yang bisa anda temukan di media internet.

Lihat Disni, "Walter Spies, Pelukis Jerman Yang Memperkenalkan Bali Ke Mata Dunia">>>

Persiapan Mendaki Gunung Batur

Persiapan Mendaki Gunung Batur
Persiapan Mendaki Gunung Batur

Sebelum mulai mendaki, anda sebaiknya melakukan beberapa persiapan untuk pengalaman mendaki yang lebih aman. Beberapa persiapan tersebut diantaranya:

  1. Perhatikan Waktu Saat Mendaki

    Naik Gunung Batur
    Naik Gunung Batur

Sebelum memutuskan untuk mendaki, pastikan anda memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mendaki. Cuaca di pegunungan umumnya berubah-ubah atau tidak pasti, bisa saja turun hujan kapan saja secara tiba-tiba.

Bila hujan turun saat mendaki, tentu pengalaman pendakian yang anda akan dapatkan tidak seindah saat hari cerah. Misalnya, jalur pendakian yang lebih susah dan tidak ada pemandangan matahari terbit di puncak gunung.

Selain itu, anda juga seharusnya memperhatikan kapan jam yang tepat untuk mulai mendaki. Bila tujuan anda mendaki adalah mendapatkan pemandangan matahari terbit (sunrise trekking), disarankan untuk anda mulai mendaki pada pukul 03.00 am – 04.00 am.

Pendakian ke puncak Gunung Batur membutuhkan waktu sekitar 1.5 – 2 jam. Dengan mendaki pada pukul 03.00 am - 04.00 am, maka anda bisa mencapai puncak pada pukul 05.00 am – 06.00 am tepat pada waktu saat matahari terbit.

Sebaliknya, bila anda mendaki untuk tujuan menyaksikan pemandangan matahari terbenam, maka anda dapat memilih waktu 03.00 pm – 04.00 pm untuk mulai pendakian agar dapat mencapai puncak tepat pada saat waktu matahari terbenam.

  1. Pastikan Fisik Anda Dalam Keadaan Yang Fit

    Harga Mendaki Gunung Batur
    Harga Mendaki Gunung Batur

Selanjutnya, pastikan anda selalu memperhatikan kondisi fisik sebelum mendaki. Ini penting untuk kelancaran selama anda melakukan pendakian.

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, aktivitas mendaki ini akan cukup menguras tenaga. Sehingga, pastikan anda berada di dalam fisik yang fit.

Untuk mendapatkan fisik yang fit, anda sebaiknya beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, anda juga dapat melakukan latihan fisik dengan rutin selama 2 minggu sebelum akan mendaki.

Dengan semua hal itu, dijamin fisik anda akan menjadi lebih siap untuk dipakai mendaki.

  1. Gunakan Pakaian Yang Tepat

    Pemandangan Langit Gunung Batur Di Pagi Hari
    Pemandangan Langit Gunung Batur Di Pagi Hari

Suhu gunung batur terbilang cukup dingin khususnya bila anda mendaki di tengah malam. Sehingga, anda sebaiknya memilih jenis pakaian yang tepat agar tetap nyaman saat mendaki

Jenis pakaian tersebut seperti sweater. Selain itu, sangat direkomendasikan untuk anda memilih jenis pakaian luaran yang anti air untuk berjaga-jaga bila terjadi hujan selama pendakian.

  1. Siapkan Peralatan Mendaki

    Trekking Gunung Batur
    Trekking Gunung Batur

Peralatan yang harus anda siapkan saat mendaki seperti senter, tongkat mendaki, sarung tangan, dan kotak P3K (Pertolongan pertaman pada kecelakaan). Semuanya penting agar anda tetap nyaman dan aman saat mendaki.

Bila anda seandainya punya berencana berkemah, jangan lupa juga membawa tenda peralatan-peralatan seperti tenda, perlengkapan tidur, dan peralatan memasak.

  1. Bawa Bekal Makanan Dan Air Mineral

    Hiking Gunung Batur
    Hiking Gunung Batur

Selama pendakian, anda dapat berhenti di beberapa titik rute pendakian untuk beristirahat. Karenanya, jangan lupa membawa makanan dan air mineral untuk mengisi energi anda selama perjalanan.

Pilihlah jenis makanan yang langsung bisa dikonsumsi seperti: roti, pisang, dan lain sebagainya. Agar anda bisa tidak perlu repot di pendakian.

Nah, saat makan tentu tidak jarang anda juga akan memiliki sampah seperti bungkus roti, kulit pisang, dan sebagainya. Usahakan tidak membuangnya secara sembarangan.

Sebaiknya selalu siapkan plastik kecil sebagai tempat sampah saat mendaki. Ini penting agar alam tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya.

  1. Pilih Jalur Pendakian Yang Sesuai

    Batur Sunrise Trekking
    Batur Sunrise Trekking

Ketike semua di atas sudah siap, sekarang anda tinggal memilih jalur pendakian yang sesuai dengan kriteria anda.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada 4 jalur pendakian yang dapat anda pilih untuk pendakian Gunung Batur.

Beberapa diantaranya jalur pendakian melalui Pasar Agung, Toya Bungkah, Serongga, dan Culali/Bukit Mentik. Masing-masing jalur pendakian tersebut memiliki panjang dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Lihat Disni, "3 Panduan Memberi Uang Tip Untuk Terapis Spa di Bali">>>

Nah, itulah informasi lengkap mengenai aktivitas mendaki di Gunung Batur. Gimana? Sudah siap untuk mendaki?

Share To :