5 / 10 Reviews
58 view

Sekumpul Bali, Kompleks Tujuh Air Terjun Yang Menakjubkan

Bali Utara didominasi dengan area perbukitan hijau dengan alam yang mempesona, tempat yang spektakuler untuk menghabiskan liburan karena terdapat banyak wisata air terjun menakjubkan yang bisa anda kunjungi disini.

Salah satu air terjun populer di Bali Utara adalah Air Trjun Sekumpul yang berlokasi di Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Langsung ke:

  1. Sekumpul – Kompleks Dengan 7 Spot Air Terjun
  2. Trek Menuju Air Terjun Sekumpul
  3. Harga Tiket Masuk Air terjun Sekumpul
  4. Waktu Terbaik Untuk Berkunjung
  5. Apa Yang Harus Dibawa Saat Berkunjung
  6. Lokasi Air Terjun Sekumpul

Sekumpul – Kompleks Dengan 7 Spot Air Terjun

Air Terjun Sekumpul Bali

Dalam Bahasa Bali, kata “Sekumpul” bisa diartikan sebagai “Sekumpulan” yang sangat erat kaitannya dengan keberadaan sekumpulan air terjun yang tepatnya berjumlah 7 disana. Para wisatawan pun sering menyebut objek wisata ini sebagai “Seven Waterfall Points”.

Tujuh air terjun disini tidaklah berjejer sekaligus di satu tempat melainkan berlokasi berdekatan satu sama lainnya dan bisa dijumpai dalam satu arah perjalanan.

Air terjun utama selalu menjadi tempat yang paling favorit buat para wisatawan, dimana tedapat 2 air terjun yang bejejer dengan tinggi sekitar 50 meters dan memiliki aliran air yang cukup deras.

Saat musim hujan, air terjun ini menawarkan fenomena yang unik. Satu air terjun akan berwarna jernih karena datang secara langsung dari mata air alami, sementara yang satunya akan bewarna coklat karena berasal dari sungai.

Lihat Disini, "Inilah Waktu Terbaik Untuk Berkunjung Ke Pura Lempuyang">>>

Area terjun ini nampak begitu indah dengan keberadaan pepohohan tinggi yang mengelilingi dan menambah nuansa hijau yang memikat mata. Para wisatawan biasanya memanfaatkan pemandangan air terjun dan alam hijau sebagai tempat untuk berselfie ria.

Trek Menuju Air Terjun Sekumpul

Wisata Air Terjun Sekumpul di Bali Utara

Turun kendaraan di tempat parkir bukan berarti anda sudah dapat melihat keindahan air terjun ini. Setiap pengunjung harus menempuh beberapa rute lagi dari tempat parking untuk menjangkau area air terjun.

Rute ini akan mengajak anda untuk menuruni tangga dan berjalan di sepanjang jalan kecil yang berkelak-kelok, serta menyeberangi sungai kecil.

Sehingga, diharapkan untuk anda memakai sandal atau sepatu sport agar nyaman saat melewati rute-rute ini khususnya pada saat menuruni jalanan tangga yang miring dan agak licin.

Perjalanan memang cukup melelahkan tetapi sangat menyenangkan karena mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam hijau dari pepohonan dan juga perkebunan masyarakat setempat.

Lihat Disini, "4 Fakta Unik Tentang Penggunaan Gelang Tridatu Bali">>>

Perkebunan di daerah Sekumpul didominasi dengan buah-buahan seperti: Durian, Rambutan, dan Pisang. Selain itu, desiran udara yang sejuk juga akan menemani perjalanan anda disana.

Di samping itu, anda juga dapat melihat area persawahan dan pemandangan perbukitan yang indah dan memikat mata. Saat suara aliran air mulai terdengar cukup keras, itu berarti anda sudah dekat dengan lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Air terjun Sekumpul

Keindahan Air Terjun Sekumpul

Harga tiket masuk di wisata Air Terjun Sekumpul adalah Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing (mungkin dapat berubah sewaktu-waktu). Dengan tiket ini, anda akan dapat kesempatan melihat pemandangan air terjun dari jauh.

Sementara untuk aktivitas trekking, anda dapat menyewa jasa lokal guide sekitar Rp 125.000 untuk memandu perjalanan anda dalam menjelajahi air terjun.

Lihat Disini, "Apakah Petualangan ATV di Bali Aman? Yuk Simak Di sini!">>>

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Air Terjun Sekumpul Yang Menakjubkan - instagram/mydaily

Air Terjun Sekumpul dibuka dari pukul 08.00 – 17.00 untuk para wisatawan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun adalah di pagi hari untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Pagi hari akan menawarkan suasana yang lebih sejuk dan tenang di spot air terjun dan lebih jarang terjadi hujan. Perlu diingat bahwa rute menuju air terjun cukup licin ketika musim hujan terutama di bagian tangga. Jadi, anda sebaiknya harus selalu berhati-hati.

Lihat Disini, "Inilah Rangkaian Aktivitas Sewa ATV Bali yang Bikin Nagih Bagi Pecinta Petualangan">>>

Apa Yang Harus Dibawa Saat Berkunjung

Air Terjun di Bali Utara - instagram/dwi_sawtri

Ketika anda akan berkunjung ke Air Terjun Sekumpul ini, jangan lupa untuk memakai sepatu atau sandal khusus petualangan untuk kenyamanan dan mencegah kaki tidak mudah saat melewati jalur yang licin.

Disamping itu, anda sebaiknya tidak lupa untuk menyiapkan dan membawa pakaian pengganti dan kamera.

Lihat Disini, "Handara Gate, Spot Wisata Yang Instagramable di Bali Utara">>>

Pakaian pengganti sangat wajib untuk dibawa jika anda sekedar ingin bermain air disana. Sementara, kamera akan sangat berguna untuk membantu anda mengabadikan momen yang indah disana.

Lokasi Air Terjun Sekumpul

Lokasi Air Terjun Sekumpul - instagram/nerakituvisuresitu

Air Terjun Sekumpul berlokasi Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Perjalanan untuk menempuh air terjun ini kira-kiranya mengambil 2,5 dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 2 jam dari Ubud (tergantung pada situasi lalu lintas).

Beberapa spot wisata populer dekat Air Terjun Sekumpul ini ialah Air Terjun Kroya, Air Terjun Gitgit, Pantai Lovina, dan Danau Kembar.

Lihat Disini, "Pura Tirta Empul, Tempat Melakukan Ritual Pembersihan Diri di Bali">>>

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menjangkau lokasi Air Terjun Sekumpul dari Bali Selatan, yaitu dengan menyewa layanan transportasi pribadi atau memesan tiket tour yang biasanya keduanya sekitar Rp 650.000.