5 / 160 Reviews
567 view

Fakta Menarik Dibalik Arti Nama-Nama Depan Orang Bali

Seperti yang mungkin anda sudah tau, nama depan orang Bali itu sangat unik dan cenderung mirip. Nama-nama depan tersebut diantaranya: Wayan, Made, Nyoman, dan Ketut.

Lalu, apa sebenarnya arti nama depan orang Bali ini? Daripada penasaran, yuk cari tahu semuanya secara lengkap di bawah ini.

Nama Depan Orang Bali

Wayan, Made, Nyoman, dan Ketut ini merupakan nama depan yang diberikan oleh para orang tua kepada anaknya. Biasanya hanya orang – orang tanpa kasta yang memakai nama depan ini.

  1. Wayan

    Arti Nama Orang Bali

Nama depan Wayan atau juga disebut Putu diberikan untuk anak pertama atau anak sulung. Wayan datang dari kata Wayahan yang berarti Tertua dalam Bahasa Bali. Sementara itu, Putu berarti Cucu.

Lihat Disini, "Ini Alasan Mengapa Wanita Menstruasi Dilarang Masuk Ke Pura Lempuyang">>>

  1. Made

    Orang Bali Yang Sedang Melakukan Persembahan

Nama depan Made atau juga disebut dengan sebutan Nengah atau Kadek. Nama ini diberikan untuk anak kedua. Made berasal dari kata Madya atau Tengah (anak tengah).

Untuk Nengah juga memiliki arti yang sama yaitu: Tengah. Sementara itu, Kadek berasal dari kata Adi yang berarti Adik.

Lihat Disini, "6 Rekomendasi Restoran Pilihan Dekat Pura Uluwatu">>>

  1. Nyoman

    Makna Nama Orang Bali

Nama depan Nyoman atau Komang diberikan untuk anak ketiga. Kata Nyoman berasal dari Kata Anom yang berarti Paling Muda. Dan beberapa sumber ada yang mengatakan Nyoman atau Komang ini secara etimologi berasal kata Uman yang berarti Terakhir.

Lihat Disini, "4 Langkah Menemukan Penyedia Paket Wisata Tour Yang Tepat di Bali">>>

  1. Ketut

    Wanita Bali Yang Sedang Bersembahyang Di Pura

Nama depan Ketut ini biasanya diberikan ke anak keempat. Berasal dari kata Nge-tuut yang berarti mengikuti. Beberapa orang Bali sering mengaitkan nama Ketut dengan kata kuno Kutu yang berarti buah pisang kecil di bagian sisir terluar.

Untuk anak kelima, keenam, dan seterusnya pemberian nama akan diulang sesuai urutan empat nama di atas.

Lihat Disini, "Tempat Wisata ATV Di Bali – Rekomendasi Liburan Keluarga">>>

Selain itu, masyarakat Bali biasa atau yang tidak berkasta pada umumnya juga menambahkan inisial “I” dan “Ni” pada bagian paling awal nama. Inisial ini menandakan jenis kelamin dari seorang, “I” untuk pria dan “Ni” untuk wanita.

Untuk masyarakat yang memiliki kasta atau gelar di Bali, akan menggunakan nama depan yang berbeda. Lebih lengkapnya biasa anda baca di cari arti nama Bali.