5 / 10 Reviews
104 view

Bali Zoo Park – Harga Tiket Kebun Binatang Bali Terbaru 2021

Lagi mencari tempat rekreasi yang mengasyikan bareng keluarga di Bali? Nah, mungkin Bali Zoo Park ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dimasukan ke daftar perjalanan anda.

Bali Zoo Park ini menawarkan berbagai aktivitas seru untuk mengisi hari liburan anda. Mulai dari mengenal berbagai spesies satwa liar, sarapan bersama orang utan, mandi lumpur bareng gajah, dan masih banyak lagi.

Kebun Binatang Bali

Sebelum berkunjung, tentu ada baiknya anda mengetahui harga tiket masuk ke Bali Zoo Park ini. Silahkan langsung cek di bawah ini!

Harga Tiket Masuk Bali Zoo

Jenis Tiket

Dewasa

Anak-Anak (2 – 12 th)

Tiket Bali Zoo Reguler

Rp 110.000

Rp 85.000

Tiket Bali Zoo Weekend (Sabtu & Minggu)

Rp 95.000

Rp 75.000

Tiket Bali Zoo Weekday (Senin – Jumat)

Rp 75.000

Rp 55.000

Nah, untuk informasi lengkap mengenai Kebun Binatang Bali. Silahkan klik list di bawah untuk langsung menuju informasi yang diinginkan!

  1. Bali Zoo Park – Rumah Dari Berbagai Jenis Satwa Yang Unik
  2. Sejarah Bali Zoo Park
  3. Aktivitas Seru di Bali Zoo Park
  4. Jadwal Acara Di Bali Zoo Park
  5. Jam Buka Bali Zoo Park
  6. Peta Lokasi Bali Zoo Park
  7. Berkunjung Ke Bali Zoo di Era New Normal

Bali Zoo Park – Rumah Dari Berbagai Jenis Satwa Yang Unik

Bali Zoo Park

Bali Zoo Park ini merupakan salah satu dari tiga kebun binatang terkenal yang ada di Gianyar, Bali. Dua lainnya diantaranya Bali Bird Park dan Bali Safari & Marine Park.

Kawasan Bali Zoo Park ini memiliki luas sekitar 12 hektar yang menjadi rumah bagi lebih dari 350 spesies satwa, baik satwa asli dari dalam Indonesia maupun dari belahan dunia lainnya.

Kelompok satwa yang bisa anda jumpai di sini seperti mamalia, reptil, unggas, dan masih banyak lagi.

Satwa Di Bali Zoo Park

Jenis

Binatang

Mamalia

African Lion, Wild Boar, Asian Small-Clawed Otters, Silvery Gibbon, Agile Gibbon, Siamang, Dusky Pademelon, Bengal Tiger, Sun Bear, Babirusa, Sitatunga, Bawean Deer, Javan Rusa, Chital, Muntjak, Javan Lutung, Bornean Orangutan, Sunda Slow Loris, Sunda Porcupine, dan Sumatran Elephant.

Reptil

Salt Water Crocodile, False Gharial Crocodile, dan Asian Forest Tortoise.

Aves

Moluccan Cockatoo, Bali Mynah, Eclectus Parrots, Green Peafowl, White Peafowl, Rhinoceros Hornbill, Helmeted Guineafowl, Victoria Crowned Pigeon, Buffy Fish Owl, Yellow Crested Cockatoo, Black Hornbill, Wreathed Hornbill, Crested Serpent Eagle, Brahminy Kite, Changeable Hawk Eagle, Australian Pelican, Palm Cockatoo, Moluccan King Parrot, Congo African Grey Parrot, The Black-capped Lory, dan Greater Bird of Paradise.

 

Khusus buat anda yang ingin melihat satwa liar dari Afrika, Pihak Bali Zoo kini juga mempunyai zona habitat baru yang diberi nama Bali Zoo Savanna.

Zona ini dihuni oleh berbagai jenis satwa liar dari Benua Afrika seperti Singa Afrika, Kuda Nil, Jerapah, Burung Unta, Flamingo, Zebra, hingga badak. Habitatnya didesain menyerupai suasana asli Savanna Afrika.

Selain binatang di atas, masih ada banyak yang bisa anda jumpai di Kebun Binatang Bali ini. Sehingga, siapkanlah lebih waktu anda agar bisa menjumpai mereka semuanya.

Di samping itu, Kebun binatang Bali ini juga mempunyai berbagai koleksi jenis pohon tropis seperti Pohon Cendana, Cengkeh, Mengkudu, Matoa, Kayu Putih, dan masih banyak lagi.

Adanya berbagai jenis hewan dan pepohonan ini tentu membuat kawasan Bali Zoo Park ini nampak seperti kawasan habitat yang alami. Jadi, sangat cocok sebagai tempat untuk anak-anak mengenal lingkungan.

Sejarah Bali Zoo Park

Sejarah Bali Zoo Park

Mengenai asal mula pembangunan Bali Zoo Park ini, diawali kecintaan Anak Agung Gede Putra terhadap para binatang, kemudian tercetuslah ide membuat tempat konservasi untuk para satwa.

Hingga akhirnya, Anak Agung Gede Putra resmi membangun Bali Zoo Park pada tahun 2002. Bali Zoo Park ini merupakan tempat konservasi binatang pertama yang ada di Bali.

Setelah beberapa tahun, pengelolaan Bali Zoo Park ini berpindah tangan ke Anak Agung Gede Lesmana Putra, anak dari Anak Agung Gede Putra.

Pada tahun 2011-2012, Anak Agung Gede Lesmana Putra melakukan beberapa perombakan pada Bali Zoo Park ini. Hingga akhirnya berhasil mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup melonjak.

Aktivitas Seru di Bali Zoo Park

Aktivitas Seru di Bali Zoo Park

Saat berkunjung ke Bali Zoo Park ini, ada banyak aktivitas seru yang dapat anda lakukan. Aktivitas-aktivitas ini tidak sekedar melihat-lihat satwa saja, tetapi juga langsung berinteraksi dengan para satwa.

Berikut merupakan daftar aktivitas yang bisa anda lakukan di Bali Zoo.

  1. Petting Zoo

    Petting Zoo di Bali Zoo Park

Petting Zoo ini merupakan aktivitas memberi makan kepada para satwa. Aktivitas ini sangat diminati oleh anak-anak sebab mereka bisa langsung bersentuhan dengan para binatang yang ada.

Jenis binatang yang bisa anda jumpai dalam aktivitas ini adalah binatang herbivora atau binatang pemakan tumbuhan seperti rusa, kelinci, dan sebagainya.

Para satwa di sini nyaman berada di dekat manusia sehingga sangat aman. Selain itu, anda dan anak-anak juga akan didamping oleh staff pemandu di sini.

  1. Elephant Mud Fun

    Elephant Mud Fun di Bali Zoo Park

Elephant Mud Fun ini merupakan aktivitas mandi lumpur bersama para Gajah. Aktivitas ini umumnya dibuka setiap pagi hari.

Aktivitas ini sangat seru dan mengasyikan. Anda akan diajak turun kolam lumpur dan bermain lumpur dengan para gajah yang jinak. Anda tentu juga akan ditemani langsung oleh staff pemandu di sini.

Bila tertarik untuk bergabung, pastikan jangan lupa untuk membawa satu set pakaian bersih untuk pengganti pakaian anda yang kotor setelah mandi lumpur.

  1. Berkeliling Naik Gajah

    Berkeliling Naik Gajah di Bali Zoo Park

Selain mandi lumpur bareng gajah, anda juga bisa berkeliling dengan gajah-gajah. Para mamalia bertubuh besar ini akan siap memberi anda tumpangan berkeliling di sekitar area kebun binateng.

Selama berkeliling, anda akan melihat tempat para gajah tinggal serta melewati berbagai pemandangan unik yang ada di sekitar Bali Zoo Park.

  1. Pony Ride

    Pony Ride di Bali Zoo Park

Aktivitas Pony Ride ini buka dari pukul 10.00 – 16.00 dan sangat digemari oleh anak-anak. Di sini, anak-anak akan diajak berkeliling naik kuda poni.

Jenis kuda ini sangat unik dan lucu karena mereka memiliki rambut seperti poni dari kepala bagian atas hingga di bagian leher.

Kuda ini memiliki ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan jenis kuda lainnya. Sehingga, yang diperbolehkan naik hanyalah anak-anak saja yang memiliki berat badan di bawah 30 kg.

  1. Breakfast with Orangutan

    Breakfast with Orangutan di Bali Zoo Park

Breakfast with Orangutan merupakan aktivitas seru lainnya yang bisa anda lakukan di pagi hari. Di sini, anda akan sarapan dan ditemani langsung oleh Orangutan.

Orangutan merupakan primata menggemaskan yang berasal dari Pulau Kalimantan. Dalam aktivitas ini, anda bisa menyaksikan secara langsung tingkah laku mereka yang lucu dari balik dinding kaca.

Makanan yang bisa nikmati di sini adalah jenis buah-buahan tropis dan roti. Untuk hidangan utamanya ada fried rice (nasi goreng), pancake butter milk, sereal, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada secangkir teh atau kopi yang menemani di bagian sesi akhir.

  1. Jungle Splash Waterplay

    Jungle Splash Waterplay Di Bali Zoo Park

Jungle Splash Waterplay merupakan tempat bermain air yang populer bagi kalangan anak-anak di Bali Zoo Park. Buka setiap hari dari pukul 10.00 – 17.00 (kecuali Hari Raya Nyepi).

Tempat bermain air ini dilengkapi dengan wahana perosotan yang didesain untuk anak-anak. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti cabana/gazebo, ruang ganti, locker, dan café.

  1. Night at the Zoo

    Night at the Zoo Di Kebun Binatang Bali

Night at the Zoo merupakan aktivitas yang akan mengajak anda untuk menyaksikan kehidupan binatang di malam hari. Aktivitas ini dibuka diantara pukul 18.00 – 21.00.

Selama berkeliling, anda akan tetap didampingi oleh para staff pemandu. Di sini, anda akan bertemu dengan beberapa jenis hewan seperti singa, rusa, gajah, dan burung hantu.

Selain melihat-lihat, anda juga boleh memberi makan kepada beberapa dari jenis hewan yang ada di sini. Tentunya ini harus didampingi oleh para staff pemandu.

Tidak hanya itu, di sini anda juga dapat menonton pertunjukan tari api (fire dance) yang spektakuler serta juga mengikuti sesi makan bersama.

Jadwal Acara Di Bali Zoo Park

Jadwal Acara Di Bali Zoo Park

Ada banyak acara yang bisa anda lihat sehari-hari di Bali Zoo Park ini. Acara-acara ini tentu sudah disusun dengan waktunya masing-masing. Nah, agar tidak ketinggalan, anda bisa cek schedule-nya di bawah ini.

Animal Presentation

Acara

Waktu

Tempat

Animal Presentation

12.00 PM - 12.20 PM

Green Stage

Animal Encounter

01.00 PM - 01.30 PM

Central Food Village

Free Ranging Orangutan

01.30 PM - 02.30 PM

Kampung Sumatra

Bird Presentation

03.00 PM - 03.20 PM

Kampung Sumatra Stage

 

Keeper Talk

Acara

Waktu

Tempat

Cassowary

10.40 AM - 10.50 AM

Cassowary Exhibit

False Gharial Keeper Talk

10.50 AM - 11.00 AM

False Gharial Enclosure (Selasa, Kamis, Sabtu)

Lemur Keeper Talk

11.30 AM - 11.40 AM

Aviary

Tiger Keeper Talk

01.30 PM - 01.40 PM

Tiger Trail, Kampung Sumatra

Otter Keeper Talk

02.30 PM - 02.40 PM

Otter Enclosure

Elephant Keeper Talk

03.00 PM - 03.10 PM

Kampung Sumatra

 

Jam Buka Bali Zoo Park

Jam Buka Bali Zoo Park

Bali Zoo Park ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.30 – 17.00. Untuk waktu terbaik untuk berkunjung, itu tentu kembali ke tujuan masing-masing/aktivitas yang ingin dilaukan.

Disarankan untuk datang lebih awal dari jadwal acara yang ingin anda. Setiap acara di Bali Zoo Park tentu diadakan tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, jangan terlambat anda agar tidak melewati acara yang anda ingin lihat.

Peta Lokasi Bali Zoo Park

Peta Lokasi Bali Zoo Park

Bali Zoo Park ini berlokasi di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Lokasinya sangat mudah ditemukan tepatnya berada diantara jalur Denpasar - Ubud.

Jika berangkat dari Pusat Kota Denpasar, anda akan memerlukan waktu perjalanan selama 35 menit. Sementara dari Ubud mungkin akan mengambil waktu sekitar 25 menit.

Lokasi Kebun Binatang Bali ini juga berdekatan dengan Bali Bird Park - Taman yang memiliki lebih dari 250 spesies Burung. Kira-kira memerlukan 10 menit perjalanan.

Untuk lebih lengkap mengenai lokasi Bali Zoo Park ini, anda bisa langsung cek mapnya di bawah ini.


Seperti yang telah dibahas di atas, Bali Zoo Park ini memiliki luas sekitar 12 hektar. Di dalamnya terdiri dari taman-taman, restoran, dan beberapa jenis tempat lainnya.

Agar pihak pengunjung tidak bingung, pihak pengelola kebun binatang juga akan memberikan para pengunjung peta lengkap mengenai area Bali Zoo Park. Peta tersebut bisa anda langsung lihat di bawah ini.

Map Bali Zoo Park

Berkunjung Ke Bali Zoo di Era New Normal

Berkunjung Ke Bali Zoo di Era New Normal

Untuk keamanan dan kenyamanan bersama, tentu sebagai pengunjung wajib untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat mengunjungi Bali Zoo Park ini. Beberapa diantaranya:

  1. Menggunakan masker
  2. Mencuci tangan dengan sabun
  3. Menggunakan scan kode QR Bali Zoo (Pengganti brosur)
  4. Menjaga jarak minimal 1 meter
  5. Duduk atau berdiri di area yang sudah ditentukan

Selain itu, pihak pengelola Bali Zoo juga sudah menyediakan wastafel di beberapa titik di area kebun binatang untuk para pengunjung bisa mencuci tangan.

Penempatan audio juga sudah dilakukan di beberapa titik untuk selalu mengingatkan para pengunjung agar tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Nah, itulah sedikit bahasan tentang wisata Bali Zoo Park ini. Sudah siap bertemu dengan berbagai jenis satwa yang unik di sini?