5 / 172 Reviews
545 view

Nusa Penida - Aktifitas, Kuliner, dan Hotel

Berencana liburan ke Nusa Penida? Nih, di sini kami ada paket spesial buat anda, Nusa Penida Trip. Paket spesial yang akan memberikan anda pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Anda akan diajak mengunjungi tempat-tempat yang instagrammable dan menghabiskan waktu dalam berbagai aktivitas seru di Nusa Penida. Silahkan, pilih paket yang anda inginkan di bawah ini.

Paket Tour Nusa Penida Barat

Paket Tour Nusa Penida Barat
  • Kelingking Beach
  • Pantai Angel Billabong
  • Broken Beach
  • Crystal Bay

Paket Tour Nusa Penida Timur

Paket Tour Nusa Penida Timur
  • Tree House
  • Diamond Beach
  • Atuh Beach
  • Bukit Teletubbies

Hanya dengan Rp 350.000 per orang, anda sudah bisa menikmati salah satu paket liburan di atas. Dalam masing-masing paket di atas tersebut sudah termasuk:

  • Tiket Speedboat (Sanur – Nusa Penida – Sanur)
  • Mobil dengan supir di Nusa Penida
  • Tiket masuk semua objek wisata
  • Makan siang di restoran lokal

**paket di atas belum termasuk antar-jemput di hotel (area Bali), tapi anda bisa request dengan sedikit biaya tambahan.

Panduan Liburan Ke Nusa Penida - Aktifitas, Kuliner dan Hotel

Panduan Liburan Ke Nusa Penida

Buat anda yang baru pertama kali liburan ke Nusa Penida. Berikut kami sudah sediakan panduan lengkap mengenai liburan di pulau yang indah ini.

Silahkan langsung klik list di bawah untuk langsung menuju informasi yang ingin anda dapatkan.

  1. Daftar Tempat Wisata di Nusa Penida
  2. Spot Snorkeling Di Nusa Penida
  3. Rekomendasi Tempat Makan di Nusa Penida
  4. Rekomendasi Villa Di Nusa Penida
  5. Persiapan Sebelum Liburan Ke Nusa Penida

Daftar Tempat Wisata di Nusa Penida

Daftar Tempat Wisata di Nusa Penida

Nusa Penida merupakan pulau kecil yang terletak di bagian tenggara Bali. Meskipun terbilang kecil namun pulau ini terbilang cukup istimewa karena mempunyai banyak surga yang indah dan tersembunyi.

Surga-surga yang indah dan tersembunyi tersebut, diantaranya:

  1. Pantai Kelingking

    Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Kelingking atau yang lebih dikenal dengan Kelingking Beach ini merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan di Nusa Penida. Lokasinya tersembunyi dan menawarkan pemandangan yang sangat unik.

Di pantai ini, anda dapat melihat pemandangan tebing indah yang menjorok ke laut. Tebing ini bentuknya mirip kepala T-Rex (Tyrannosaurus Rex). Pengunjung dapat menyusuri tebing ini melalui anak tangga alami untuk melihatnya lebih dekat.

Untuk pemandangan pantainya, masih sangat asri dengan hamparan pasir putih yang bersih. Tempat yang sangat recommended buat anda yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang luar biasa.

Lokasi: Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Kelingking Beach: Rp 5.000 per orang

  1. Angel’s Billabong

    Angel’s Billabong Nusa Penida

Angel’s Billabong ini menjadi tempat favorit selanjutnya bagi para wisatawan di Nusa Penida. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat unik dan menajubkan.

Kata Angel’s Billabong ini merujuk pada kolam alami yang terdapat di tepi Pantai. Kolam alami ini terbentuk karena jalur sungai yang berubah arah dan meninggalkan ceruk terisolasi yang berisi air.

Airnya sangat jernih bewarna biru kehijauan. Bahkan, kita dapat langsung melihat dasar karangnya dari atas. Dengan batuan karang di sekelilingnya, membuat kolam alami nampak sangat eksotik.

Saat berkunjung, para wisatawan dapat berenang dan berendam di kolam alami dengan air yang jernih ini.

Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Angel’s Billabong: Rp 5.000 (sepeda motor) dan Rp 10.000 (mobil)

  1. Pasih Uug (Broken Beach)

    Broken Beach Nusa Penida

Pasih Uug atau Broken Beach ini juga mempunyai pemandangan yang sangat unik di tebing tepi pantainya. Pemandangan unik itu adalah lubang yang menyerupai kolam raksasa yang terbentuk secara alami oleh abrasi air laut.

Anda dapat menyaksikan keindahan lubang raksasa ini dari atas tebing. Airnya juga sangat jernih sampai batu karang di bagian dasar terlihat jelas dari atas. Jika anda beruntung, anda juga dapat melihat sekawanan ikan pari yang berenang-renang di kolam raksasa ini.

Lokasi: Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Broken Beach Rp 5.000 per orang

  1. Crystal Bay Beach

    Crystal Bay Beach Nusa Penida

Crystal Bay Beach ini sangat cocok buat anda yang mencari tempat bersantai dengan suasana yang menenangkan. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih, ombak yang cukup tenang, dan juga angin yang sejuk.

Di pantai ini, anda bisa menghabiskan waktu dengan berjemur atau juga berenang. Air pantai sangat jernih dan sering menjadi spot untuk aktivitas snorkeling.

Bila anda berkunjung di sore hari, maka anda juga dapa menyaksikan pemandangan sunset yang cantik dari pantaI ini. Pemandangan sunset tidak kalah dengan di Pantai Kuta.

Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Crystal Bay Beach: Rp 10.000 per orang

  1. Rumah Pohon Batu Molenteng

    Rumah Pohon Batu Molenteng

Tempat wisata rumah pohon atau tree house ini memang menjadi tempat yang populer akhir-akhir ini di Nusa Penida khususnya di kalangan wisatawan yang ingin berlibur sambil foto-foto.

Batu Molenteng ini menyuguhkan desain rumah unik yang berada di atas pohon. Dari atas rumah ini, anda dapat melihat langsung pemandangan pantai yang menakjubkan.

Bila anda tertarik untuk menginap di sini, anda harus mengeluarkan Rp 300.000 per malam dengan fasilitas yang seadanya.

Lokasi: Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Rumah Pohon Batu Molenteng: Rp 10.000 per orang

  1. Diamond Beach

    Diamond Beach Nusa Penida

Diamond Beach ini menawarkan pemandangan pemandangan pantai berpasir putih yang sangat eksotis serta terdapat bebatuan karang yang ikonik di tengah pantainya

Bebatuan karang ini memiliki bentuk yang unik mirip berlian. Nah, dari situlah asal-usul mengapa pantai ini dinamakan Diamond Beach (Pantai Berlian).

Lokasi: Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Diamond Beach: Rp 5.000 per orang

  1. Pantai Atuh

    Pantai Atuh Nusa Penida

Pantai Atuh ini berlokasi di sebelah utara Diamond Beach. Meskipun bersebelahan, namun anda kedua pantai ini tidak saling terhubung karena dibatasi oleh tebing di bagian tengahnya.

Pantai Atuh sering disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Nusa Penida. Ini dikarenakan pantai ini memiliki beberapa pulau bebatuan karang di tengah pantai mirip seperti Kepulauan Raja Ampat di Papua.

Beberapa pulau bebatuan karang yang ada di Pantai Atuh adalah Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah, dan Pulau Bukit Jineng.

Lokasi: Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Atuh: Rp 5.000 per orang

  1. Bukit Teletubbies (Teletubbies Hill)

    Bukit Teletubbies Nusa Penida

Bila anda menginginkan tempat liburan selain pantai, maka anda bisa mengunjungi Bukit Teletubbies ini. Bukit ini memiliki pemandangan hijau yang bikin mata jadi adem.

Alasan mengapa dinamakan Bukit Teletubbies dikarenakan bukit ini sangat mirip dengan bukit yang terdapat di serial anak-anak tahun 2000-an, teletubbies.

Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies: Rp 10.000 per orang

  1. Goa Giri Putri

    Goa Giri Putri Nusa Penida

Goa Giri Putri ini merupakan pura atau tempat ibadah Umat Hindu. Seperti namanya, pura ini berada di dalam goa. Sebelum memasuki goa suci ini, tentu para pengunjung wajib menggunakan kamen (kain khas Bali).

Untuk dapat masuk dalam goa ini, anda harus melewati lubang yang cukup sempit. Setelah sampai di dalam goa, anda dapat melihat langsung keindahan bangunan pura yang dikeliling oleh dinding bebatuan yang unik.

Lokasi: Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Harga Tiket Masuk Goa Giri Putri: Rp 10.000 per orang

  1. Mata Air Tembeling

    Mata Air Tembeling Nusa Penida - Instagram Photo by Alex Dorszynski

Mata Air Tembeling ini merupakan tempat mata air alami di Nusa Penida. Mata air memiliki diameter antara 5 sampai meter dengan air yang menyegarkan.

Mata air ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian khusus untuk laki-laki dan bagian khusus untuk perempuan. Jadi, jangan sampai salah tempat bila anda ingin berendam di sini.

Lokasi: Desa Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Pantai Suwehan

    Pantai Suwehan Nusa Penida

Pantai Suwehan ini berlokasi di Desa Tanglad. Lokasinya sangat mudah ditemukan sehingga membuat tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan yang sedang berkunjung ke Nusa Penida.

Pantai ini menawarkan panorama yang memukau dengan hamparan pasir yang halus. Selain itu, pantai ini juga keunikannya sendiri yaitu adanya batuan karang berbentuk segitiga yang menjulang tinggi.

Lokasi: Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Suwehan: Rp 10.000

  1. Smoke Beach

    Smoke Beach Nusa Penida

Bila pantai-pantai lainnya dikenal dengan keindahannnya, berbeda dengan Smoke Beach ini. Pantai ini dikenal sebagai spot untuk menyaksikan fenomena ombak yang tinggi.

Ombak-ombak yang datang dari laut menabarak karang sehingga airnya bisa naik tinggi sampai 10 meter.

Bahkan, beberapa wisatawan biasanya berdiri di tepi batu karang untuk dapat melihat fenomena ini. Namun, hal ini sangat tidak disarankan karena bisa membahayakan diri sendiri.

Lokasi: Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Smoke Beach: Rp 10.000 per mobil

  1. Jembatan Kuning (Yellow Bridge Nusa Penida)

    Jembatan Kuning Nusa Penida

Jembatan Kuning atau yang lebih dikenal dengan Yellow Bridge ini merupakan sarana penghubung Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Jembatan ini sangat ikonik dengan warna kuning yang menghias di seluruh bagiannya. Para pengunjung sering menjadikan jembatan ini sebagai spot untuk berfoto untuk para wisatawan.

Dari atas jembatan ini, anda bisa menikmati pemandangan laut dan melihat kapal nelayan dan kapal kargo yang lewat berlalu-lalang di bawahnya.

Lokasi: Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Jembatan Kuning Nusa Penida: Gratis

  1. Seganing Waterfall

    Seganing Waterfall Nusa Penida Bali

Bila pada umumnya air terjun berada di daerah dataran tinggi, maka berbeda dengan Air Terjun Seganing ini yang justru berada di tebing tepi pantai.

Namun untuk mencapai air terjun ini, anda harus melakukan perjalanan yang cukup sulit yaitu melewati tebing yang terjal dan licin. Ketika sampai di air terjun, anda akan disuguhkan pemandangan double yaitu air terjun dan juga pantai yang indah.

Lokasi: Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Seganing Waterfall: Gratis

  1. Pura Paluang

    Pura Paluang Nusa Penida

Pura Paluang merupakan tempat suci yang sangat ikonik di Nusa Penida. Keunikannya terletak pada bentuk pelinggihnya yang berbeda dengan pura-pura pada umumnya.

Bila pada umumnya pura memiliki pelinggih yang berbentuk candi atau semacamnya. Nah, berbeda dengan Pura Paluang ini yang memiliki pelinggih berbentuk mobil salah satunya mirip bentuk mobil VW (Volkswagen).

Lokasi: Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Air Terjun Peguyangan

    Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Seperti halnya Air Terjun Seganing, Air Terjun Peguyangan ini juga berada di tebing tepi pantai. Untuk mencapai lokasi, anda harus menuruni lereng dengan kemiringan yang cukup ekstrim.

Namun dibalik kesulitan tersebut, anda akan menemukan pemandangan yang memanjakan mata setelah sampai di lokasi. Selain itu, anda juga akan disuguhkan dengan panorama pantai yang sangat indah.

Lokasi: Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Peguyangan Waterfall: Rp 10.000

  1. Pantai Banah

    Pantai Banah Nusa Penida

Pantai Banah ini memiliki pemandangan yang unik dengan adanya sebuah tebing kecil di tengah laut. Tebing ini mempunya tinggi sekitar 200 meter dan beronga di bawahnya seperti halnya bentuk huruf “n”.

Tebing tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sebagian besar orang yang berkunjung, biasanya menyempatkan diri untuk berfoto-foto dengan latar pemandangan tebing ini.

Lokasi: Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Banah: Rp 10.000 (mobil) dan Rp 2.000 (motor)

  1. Gala-Gala Underground House

    Gala Gala Underground House Nusa Penida

Gala-Gala Underground House ini menjadi tempat yang wajib anda kunjungi di Nusa Penida. Tempat ini merupakan ruangan yang berada di bawah tanah dengan luas sekitar 500 meter persegi.

Ruangan ini dibangun oleh seorang petapa dengan hanya menggunakan peralatan sederhana. Pembuatannya dikatakan menghabiskan waktu kurang dari 15 tahun.

Di sini, para pengunjung dapat mengeksplorasi ruangan bawah tanah yang penuh dengan aura magis. Ketika memasuki ruangan ini, para pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu dan wajib menggunakan pakaian yang layak.

Lokasi: Desa Jungut Batu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Harga Tiket Masuk Gala-Gala Underground House: Rp 25.000

**Harga tiket masuk di atas merupakan terupdate saat ini dan mungkin saja berubah sewaktu-waktu**

Spot Snorkeling Di Nusa Penida

Spot Snorkeling Di Nusa Penida

Nusa Penida memang dikenal sebagai surganya para penggemar snorkelling dan scuba diving. Di pulau ini, ada banyak tempat dimana anda bisa menyelam sambil menyaksikan keindahan dunia bawah laut.

Berikut merupakan tempat aktivitas menyelam terpopuler di Nusa Penida

  1. Manta Point Nusa Penida

    Manta Point Nusa Penida

Manta Point ini merupakan spot yang sangat digemari oleh orang-orang yang gemar dengan aktivitas menyelam di Nusa Penida. Di sini, anda bisa berenang langsung dengan Ikan Pari Manta.

Pari Manta merupakan spesies pari raksasa yang dapat tumbuh hingga lebar 15 meter (dari satu sirip ke sirip lainnya).

Selain Pari Manta, masih ada banyak biota laut yang unik di sini seperti gurita, ikan pari titik biru, belut moray, kepiting porcelain, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

  1. Temple Point Nusa Penida

    Temple Point Nusa Penida

Temple Point atau juga dikenal dengan Buddha Point ini juga digemari oleh para penggemar aktivitas snorkelling dan diving. Spot ini sangat unik di dalamnya menyimpan patung-patung Buddha yang unik.

Patung-patung tersebut sudah berada di bawah laut sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Dan sekarang, seolah-olah sudah menyatu dengan karang dan sering dijadikan tempat bersembunyi oleh hewan-hewan kecil di bawah laut.

Saat menyelam di sini, disarankan untuk anda selalu berhati-hati karena arus di temple point ini cukup kencang.

Lokasi: Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Malibu Point Nusa Penida

    Malibu Point Nusa Penida

Malibu Point ini juga tidak kalah bagusnya dengan Manta Point dan Temple Point. Di sini, anda dapat bertemu dengan berbagai hewan laut dan juga bervariasi jenis terumbu karang.

Beberapa hewan yang dapat anda temukan di sini adalah ikan mola-mola, hiu karang, ikan pelangi, dan masi banyak lagi. Sementara untuk terumbu karangnya, terdapat terumbu karang putih, terumbu karang abu-abu, dan terumbu karang perak.

Khusus untuk Ikan Mola-Mola, umumnya mereka tidak muncul setiap hari. Biasanya hanya muncul di musim antara bulan Juni – September tepatnya saat air laut agak lebih dingin.

Lokasi: Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Rekomendasi Tempat Makan / Kuliner di Nusa Penida

Rekomendasi Tempat Makan di Nusa Penida

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata, tentu akan ada waktunya untuk anda harus segera mengisi perut. Nah, berikut ada beberapa rekomendasi restoran untuk anda kunjungi di Nusa Penida.

  1. Warung Jukung

    Warung Jukung Nusa Penida

Warung Jukung ini sangat recommended buat anda yang menginginkan kuliner nusa penida makan siang atau makan malam dengan suasana yang menyenangkan. Bersantap sambil menikmati deburan ombak merupakan hal berkesan yang akan anda dapatkan di sini.

Restoran ini menyediakan berbagai macam menu mulai dari seafood, hidangan khas Indonesia, Asia, dan juga vegetarian. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap seperti wifi dan tempat parkir yang memadai.

Alamat: Jalan Raya Batumulapan, Batununggul, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Warung NG

    Warung NG Nusa Penida

Warung NG ini juga dikalah dengan tempat makan atau kuliner nusa penida sebelumnya. Warung ini menawarkan berbagai menu masakan mulai dari Indonesia, Asia, hingga Internasional.

Makanannya nikmat dan lezat serta dibanderol dengan harga yang terjangkau dan tidak menguras kantong. Tempatnya juga bersih dan nyaman.

Alamat: Jalan Raya Pangket, Dusun Cemulik, Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali

  1. Warung Ogix

    Warung Ogix Nusa Penida

Warung Ogix menawarkan tempat makan yang sederhana di pinggir pantai. Di sini, anda dapat bersantap sambil menyaksikan pemandangan pesisir pantai Nusa Penida yang memukau.

Menu yang ditawarkan di sini juga sangat bervariasi. Salah satu yang sangat recommended buat anda coba adalah hidangan ikan bakar khas Nusa Penida yang menggugah selera.

Alamat: Desa Suana, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali

  1. Green Kubu Nusa Penida

    Green Kubu Nusa Penida - sumber: lovenusapenida

Green Kubu Nusa Penida berada tepat di bibir pantai Dusun Senubis. Tempat yang nyaman buat bersantap setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Nusa Penida.

Di sini, anda bisa menyaksikan keindahan laut Nusa Penida serta panorama pegunungan Bali yang memukau dari kejauhan. Selain itu, tempat ini juga menyediakan teater khas Bali seperti Tari Kecak dan lain sebagainya.

Alamat: Dusun Senubis, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Rekomendasi Villa / Hotel Di Nusa Penida

Rekomendasi Villa Di Nusa Penida

Bila anda berencana berlibur di Nusa Penida selama 2-3 hari, tentu anda akan membutuhkan tempat untuk menginap. Di bawah ini, kami punya rekomendasi beberapa tempat menginap.

  1. Crystal Bay Villa & Residence

    Crystal Bay Villa & Residence

Crystal Bay Villa & Residence ini menawarkan pengalaman menginap / hotel nusa penida yang damai di tepi pantai. Sangat cocok buat anda yang ingin menikmati suasana malam yang menenangkan.

Tempat menginap ini berjarak sekitar 2.2 Kilometer dari Pantai Pasih Uug (Broken Beach).

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap seperti tempat parkir, AC, free wifi, dapur, makanan & minuman, layanan antar jemput, kolam renang, pusat kebugaran, ruangan khusus  merokok dan lain sebagainya.

Alamat: Jalan Crytal Bay, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Tunjung Kuning Creative Villas

    Tunjung Kuning Creative Villas

Tunjung Kuning Creative Villas ini menyediakan tempat penginapan yang dilengkapi taman, kolam renang oudoor, dan teras untuk bersantai serta akses wifi gratis.

Fasilitas lengkap mulai dari ruangan bebas rokok, AC, transportasi, makanan & minuman, pusat kebugaran, tempat parkir, dan lain sebagainya.

Alamat: Jalan Banjar Anyar Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

  1. Ayu Laba Beach Villa And Resto

    Ayu Laba Beach Villa And Resto

Ayu Laba Beach Villa and Resto ini menawarkan tempat menginap / hotel nusa penida dengan harga sewa yang cukup murah. Letaknya sekitar 11 kilometer dari Pulau Seribu Viewpoint.

Fasilitas yang disediakan AC, kolam renang, pusat kebuharan, makanan & minuman, layanan kebersihan, trasportasi, dan lain sebagainya.

Alamat: Jalan Raya Batumulapan, Batununggul, Nusa Penida, Bali

Persiapan Sebelum Liburan Ke Nusa Penida

Persiapan Sebelum Liburan Ke Nusa Penida

Untuk liburan yang nyaman dan menyenangkan di Nusa Penida, anda harus melakukan beberapa persiapan sebelumnya. Beberapa persiapan tersebut diantaranya.

  1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Yang pertama sebelum berangkat liburan, anda sebaiknya terlebih dahulu memastikan tubuh dalam kondisi yang sehat dan bugar.

Beberapa tempat wisata di Nusa Penida akan mengharuskan anda untuk melewati akses jalan yang sulit serta cukup menguras tenaga. Sehingga, penting untuk anda mempunyai tubuh yang bugar sebelum berangkat liburan.

  1. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Daerah Nusa Penida belum begitu ramai seperti di Bali. Di sini, ATM sangat sulit untuk anda temukan serta tempat yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit juga masih sangat sedikit.

Oleh karena itu, anda sebaiknya sudah menyiapkan dan membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup sebelum liburan ke Nusa Penida ini.

  1. Siapkan Tabir Surya Dan Topi

Tabir Surya dan Topi merupakan item yang wajib untuk anda bawa bila tidak ingin kulit terbakar oleh teriknya sinar matahari.

Sebelum berangkat anda bisa mengaplikasikan tabir surya secukupnya agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

  1. Gunakan Sandal Hiking

Saat liburan di Nusa Penida, disarankan untuk anda menggunakan sandal hiking untuk kenyamanan selama mengeksplor semua tempat-tempat wisata.

Dengan menggunakan sandal hiking, anda dapat lebih mudah saat mengakses jalan yang curam dan licin.

Selain itu, anda tidak perlu khawatir bila alas kaki basah khusus saat turun dari speed boat yang mengharuskan anda turun di tepi pantai untk menuju dermaga.

  1. Bawa Pakaian Ganti

Pakaian Ganti ini merupakan item yang wajib untuk dibawa bila anda punya rencana untuk melakukan aktivitas air seperti swimming, snorkelling, atau scuba diving di Nusa Penida.

Saat melakukan aktivitas air tersebut tentu pakaian yang anda gunakan akan basah. Tentu tidak akan nyaman rasanya bila memakai pakaian yang basah ini saat berkunjung ke tempat-tempat lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya anda membawa pakaian tambahan sebagai pengganti setelah melakukan air agar anda tetap merasa nyaman.

Nah, itulah sedikit tentang panduan untuk liburan ke Pulau Nusa Penida. Semoga liburan anda menyenangkan!