5 / 10 Reviews
107 view

Tas Rotan Bali Yang Kece Buat Dibawa Kemana-Mana - Rp 75K

Buat anda yang sudah mengunjungi Bali mungkin tidak asing dengan kerajinan Tas Rotan Bali ini. Tas homemade yang memiliki tampilan cantik dan kece buat dibawa kemana-mana.

Nyaman dibawa untuk jalan-jalan ataupun saat kondangan karena cukup ringan dan simple. Dengan diameter 20 cm, sangat pas untuk menyimpan segala barang-barang penting anda.

Tas Bali Rotan Motif - Sumber: dasterbali.id
Tas Selempang Wanita Rotan - Sumber: dasterbali.id

Harga Rp 119.000

Rp 75.000

Tas Rotan Bali

Apabila anda belum begitu mengenal tentang produk Tas Rotan Bali ini, silahkan klik list di bawah untuk mendapatkan informasi yang ingin didapatkan.

  1. Pembuatan Tas Rotan Bali
  2. Pengerajin Tas Rotan Bali
  3. Keunggulan Tas Rotan Bulat
  4. Tips Mudah Merawat Tas Rotan Yang Benar

Pembuatan Tas Rotan Bali

Tas Dari Anyaman Rotan -  - Sumber: dasterbali.id

Tas rotan sering menjadi oleh-oleh buat wisatawan ketika mengunjungi Bali. Bentuk dan desainnya sangat unik. Ada yang model totebag, kotak, dan yang paling populer adalah tas rotan bulat.

Tas rotan bulat yang tersedia di pasaran umumnya memiliki ukuran diameter mulai dari 15, 18, 20 cm. ukuran ini tergolong cukup membawa beberapa barang penting anda seperti handphone ataupun dompet.

Seperti namanya, tas ini dibuat dari bahan rotan. Bahan ini termasuk jenis tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di daerah tropis seperti di Indonesia ini.

Tanaman ini tergolong mudah dan cepat untuk tumbuh, sehingga tidak perlu khawatir dengan kelangkaan material di masa depan.

Tanaman-tanaman rotan yang didapat dari alam ini lalu diolah menjadi bentuk kerajinan anyaman-anyaman yang unik mulai dari motif anyaman yang simple hingga ada juga yang rumit.

Proses pembuatan tas rotan ini tentu sepenuhnya menggunakan tangan. Mulai dari proses menganyam rotan hingga ke tahap pembentukan tas rotan. Sehingga, proses pembuatannya tidak menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan alam.

Pengerajin Tas Rotan Bali

Tas Selempang Bulat Rotan -  - Sumber: dasterbali.id

Di Bali sendiri, ada banyak daerah dengan pengerajin-pengerajin rotan, beberapa diantaranya bisa ditemukan di kawasan Kabupaten Gianyar.

Tas rotan kini selalu menjadi pilihan untuk para wisatawan sebagai buah tangan saat liburan di Bali. Umumnya bisa dijumpai di area tempat wisata populer seperti Pasar Seni Ubud, Pasar Seni Sukawati, Desa Penglipuran, dan lain sebagainya.

Karena sangat diminati oleh banyak wisatawan, membuat para pengerajin rotan lebih semangat dalam berkreasi mulai dari menghadirkan tas rotan dengan warna dan motif yang unik.

Pilihan warna yang umumnya tersedia dari putih, coklat muda, coklat tua, hingga ada juga yang full aksen hitam. Sementara untuk motifnya, umumnya menggunakan motif-motif bunga.

Keunggulan Tas Rotan Bulat

Tas Rotan Putih Bali -  - Sumber: dasterbali.id

Tas rotan bulat memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan jenis tas-tas lainnya. Keunggulan-keunggulan ini tentu membuatnya semakin diminati oleh banyak orang.

  1. Tampilannya Yang Unik Dan Catchy

Tas rotan membawa tampilan yang unik dan catchy. Ini dapat dilihat langsung dari bentuk anyaman-anyaman yang memang dibuat langsung oleh tangan para pengerajin rotan yang kreatif.

Di bagian depan, beberapa tas rotan juga ada yang diberi motif lukisan-lukisan bunga yang cantik dan ada juga yang diberi motif-motif pola etnik yang unik.

  1. Simple Dan Nyaman Dibawa

Bentuk tas bulan rotan ini memang cukup simple dengan tali mode selempang. Sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Karena bahan terbuat dari rotan, tentu bobot yang ditawarkan ini cukup ringan. Ini dapat dirasakan ketika tali tas dipakai di pundak. Ukuran tas ini cukuplah buat untuk menyimpan barang-barang penting anda.

Tas Rajut Rotan Bulat - Sumber: dasterbali.id
  1. Kualitas Yang Cukup Awet

Bahan rotan tergolong material yang cukup kuat dan dapat bertahan lama. Tentu ini akan membuat tas dapat bertahan awet.

Sebelum pembuatannya, para pengerajin tentu biasanya akan melakukan pemilihan kualitas bahan rotan yang baik. Tas rotan ini dapat bertahan hingga beberapa tahun selama dirawat dengan baik dan digunakan dengan wajar.

  1. Mudah Dirawat

Dibalik kualitasnya yang awet, tas rotan ini juga cukup mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu melakukan pembersihan bila tas kotor serta menyimpan dengan bila tidak sedang digunakan.

Saat membersihkan tas rotan ini, bisa mempergunakan vacuum cleaner mini (alat penghisap debu ukuran mini) atau bisa juga menggunakan hadir dryer.

Sementara saat penyimpanan, anda bisa menyimpannnya di dalam kotak khusus dengan koran-koran bekas sebagai penyangga agar bentuk tas tidak berubah saat disimpan.

  1. Harga Tidak Mahal

Bila diperhatikan proses menganyam rotan hingga dapat menjadi sebuah tas memang tidak mudah. Anyaman-anyaman ini cukup rumit bila dikerjakan dan memerlukan cukup waktu.

Meskipun begitu, harga tas rotan ditawarkan di harga yang terjangkau. Di pasaran umumnya berkisar 100.000 per tas. Sementara di sini, kami menyediakannya dengan harga Rp 75.000 saja.

Tips Mudah Merawat Tas Rotan Yang Benar

Tas Rotan Ukuran 20 cm - Sumber: dasterbali.id

Agar tas rotan anda bisa awet dan tahan lama, tentu penting untuk anda mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar agar tidak mudah rusak.

Berikut ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan di dalam merawat tas rotan

  1. Perhatikan Berat Barang Yang Akan Dibawa

Perlu untuk anda ketahui sebelumnya, bahwa memang pada dasarnya tas rotan ini bukan dirancang untuk membawa barang-barang yang terlalu berat.

Maka dari itu, penting untuk anda selalu memperhatikan berat barang yang akan dibawa nantinya. Pastikan barang-barang yang anda bawa tidak memiliki berat yang over.

  1. Bersihkan Tas Secara Rutin

Ketika tas rotan dibawa berpergian, tentu bisa terkena debu-debu yang menempel. Debu-debu ini tentu dapat membuat tas rotan terlihat kotor.

Oleh karenanya, anda perlu untuk melakukan pembersihan secara rutin paling tidak 2 seminggu sekali. Lalu bagaimana cara mencuci tas ini?

Caranya mudah, anda bisa menggunakan alat penyedot debu mini atau hair dryer seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Cukup nyalakan alat penyedot debu dan gunakan langsung di keseluruhan bagian tas.

Bila debu menumpuk dan tidak bisa dijangkau oleh penyedot debu, anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Namun, pastikan bulu sikat tidak terlalu keras agar tidak merusak cepat tas.

Harga Tas Rotan Bali Bulat - Sumber: dasterbali.id
  1. Segera Keringkan Tas Bila Terkena Cairan

Salah satu hal dapat merusak tas rotan adalah terkena zat cairan baik itu air hujan, tumpahan minuman, dan sebagainya.

Bila seandainya tas rotan anda terkena cairan-cairan tersebut, anda sebaiknya langsung mengeringkannnya dengan tisu.

Lalu, bagaimana bila tas rotan terlanjur basah akibat air hujan? Anda bisa segera mengeringkannya dengan tisu hingga air hilang di seluruh permukaan tas.

Setelah dirasa sudah dilap keseluruhan, maka selanjutnya anda bisa mengeringkan dengan cara digantung dan diangin-anginkan di ruangan terbuka.

Hindari mengeringkan tas rotan dengan cara dijemur langsung pada sinar matahari. Sebab, bisa memudarkan warna tas rotan.

  1. Simpan Tas Bila Sedang Tidak Dipakai

Tips yang terakhir ini untuk tas-tas rotan yang jarang dipakai. Bila tas tidak dipakai dalam waktu yang lama, anda sebaiknya menyimpannya dengan baik.

Agar tas rotan tetap aman saat disimpan, anda bisa menggunakan kotak khusus serta memakai gumpalan-gumpalan koran bekas untuk menyangga tas agar tidak berubah bentuk khususnya saat ditumpuk dengan benda-benda lainnya.