UBUDIAN

Home Seni & Budaya Fakta Menarik Tentang Pementasan Tari Kecak di Uluwatu Bali
     5 / 10 Reviews
199 view

Fakta Menarik Tentang Pementasan Tari Kecak di Uluwatu Bali

Pura Uluwatu merupakan objek wisata terkenal di Bali Selatan yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Tidak hanya itu, pura ini juga menjadi tempat untuk para wisatawan untuk menonton sala satu pertunjukan tari yang unik yaitu: Tari Kecak.

Pernahkah anda mendengar tentang Tari Kecak ini? Tari Kecak merupakan sebuah pertunjukan tari yang mengisahkan tentang cerita kepahlawanan Rama (Pangeran dari Kerajaan Ayodya) dalam menyelematkan Sita yang diculik oleh seorang raja raksasa jahat dari Kerajaan Alengka yaitu: Rahwana.

Sejarah Tari Kecak di Bali

Penari Kecak di Uluwatu Bali
Penari Kecak di Uluwatu Bali

Tari Kecak ini diciptakan pada tahun sekitar 1930 oleh Wayan Limbak, seorang seniman tari dari Bali. Bersama dengan Walter Spies (seorang pelukis dari Jerman), ia mempopulerkan tari ini hingga dikenal di luar negeri.

Untuk penamaan Kecak sendiri, itu berasal dari teriakan para sekelompok pria saat mementaskan tari ini. Terikan itu berbunyi “Cak! Cak! Cak!”.

Lihat Disni, "4 Fakta Unik Tentang Penggunaan Gelang Tridatu Bali">>>

Pementasan Tari Kecak di Uluwatu
Pementasan Tari Kecak di Uluwatu

Tari ini sangat unik dan sangat berbeda dibandingkan jenis tari Bali lainnya, karena tidak menggunakan instrument pengiring seperti: gamelan. Melainkan hanya teriakan Cak! Cak! Cak! dan hanya kerincingan pada kaki beberapa penari.

Nama-Nama Karakter Dalam Pementasan Tari Kecak

Tokoh Sita Dalam Tari Kecak Uluwatu
Tokoh Sita Dalam Tari Kecak Uluwatu

Tari Kecak biasanya dipentaskan oleh 70 orang yang mana terbagi menjadi beberapa karakter dan kelompok pengiring, diantaranya:

  1. Pangeran Rama (tokoh utama)
  2. Permaisuri Sita (Istri Rama)
  3. Laksamana (Adik Rama)
  4. Jatayu (teman Rama yang berwujud Burung Garuda)
  5. Hanuman (Panglima pasukan Kera)
  6. Rahwana (Raja Raksasa jahat yang menculik Permaisuri Sita)

Sementara untuk penari lainnya akan tergabung di dalam kelompok pengiring tari, mereka biasanya pria dengan kain bermotif kotak-kotak warna hitam, putih, dan merah serta akan bersuara Cak! Cak! Cak! sebagai pengiring Tari Kecak ini.

Lihat Disni, "Apakah Petualangan ATV di Bali Aman? Yuk Simak Di sini!">>>

Wisata Nonton Tari Kecak di Uluwatu
Wisata Nonton Tari Kecak di Uluwatu

Gimana? Tertarik untuk menonton Tari Kecak ini secara langsung? Pementasan Tari Kecak ini bisa anda lihat pada sore hari di daerah Uluwatu.

Share To :